PENDAMPINGAN SISWA DENGAN KESULITAN MEMBACA MELALUI MEDIA FLASHCARD BER-LEVEL DI SDN JUNGCANGCANG 3
Kata Kunci:
Kesulitan Membaca, Media Flashcard Ber-Level, Pendampingan Siswa, Sekolah Dasar, Membaca PermulaanAbstrak
Laporan pengabdian ini menyajikan hasil kegiatan pendampingan siswa kelas 1 di SDN Jungcangcang 3 yang mengalami kesulitan membaca. Intervensi yang diterapkan adalah penggunaan media flashcard ber-level sebagai alat bantu pembelajaran. Kegiatan pendampingan dilaksanakan dalam enam sesi tatap muka. Hasil dari pengabdian ini menunjukkan adanya peningkatan kemampuan membaca siswa secara bertahap, mulai dari pengenalan huruf, kata, hingga kalimat sederhana. Penggunaan flashcard ber-level juga meningkatkan motivasi dan kepercayaan diri siswa dalam belajar membaca. Kegiatan ini diharapkan dapat memberikan kontribusi positif dalam mengatasi kesulitan membaca siswa di sekolah dasar.
This community service report presents the results of mentoring activities for grade 1 students at SDN Jungcangcang 3 who have difficulty reading. The intervention implemented is the use of leveled flashcard media as a learning aid. The mentoring activities were carried out in six face-to-face sessions. The results of this community service show a gradual increase in students' reading ability, starting from recognizing letters, words, to simple sentences. The use of leveled flashcards also increases students' motivation and confidence in learning to read. This activity is expected to provide a positive contribution in overcoming students' reading difficulties in elementary schools.