PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PBL DENGAN PENDEKATAN TARL BERBANTUAN MEDIA INTERAKTIF WARDWALL TERHADAP KEMAMPUAN NUMERASI SISWA PADA MATA PELAJARAN MATEMATIKA KELAS 5 SD
Kata Kunci:
Problem Based Learning, Teaching At The Right Level, Matematika, Media Interaktif, WardwallAbstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji efektivitas penerapan model Problem Based Learning (PBL) dengan pendekatan Teaching at the Right Level (TARL) dalam pembelajaran matematika di kelas 5 SD Mukti Harjo Lor. Pendekatan ini mengaitkan konsep matematika dengan masalah yang relevan dalam kehidupan sehari-hari siswa, sehingga meningkatkan pemahaman dan keterlibatan mereka. Dalam penerapannya, media interaktif seperti wardwall digunakan untuk mendukung kolaborasi dan visualisasi ide siswa, memungkinkan mereka untuk secara aktif berpartisipasi dalam proses pembelajaran. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kombinasi PBL dan TARL meningkatkan motivasi siswa dalam belajar matematika, mengembangkan keterampilan pemecahan masalah, serta meningkatkan keterampilan sosial dan kolaboratif siswa. Pendekatan ini juga memfasilitasi siswa dalam menghubungkan teori matematika dengan praktik yang ada di sekitar mereka, membuat pembelajaran menjadi lebih relevan dan menarik. Penerapan PBL dengan TARL memberikan dampak positif dalam meningkatkan kualitas pembelajaran matematika bagi siswa kelas 5 SD.
This study aims to examine the effectiveness of the application of the problem-based learning (PBL) model with the Local Reality Analysis Stages (TARL) approach in mathematics learning in grade 5 of Mukti Harjo Lor Elementary School. This approach links mathematical concepts with relevant problems in students' daily lives, thereby increasing their understanding and involvement. In its application, interactive media such as wardwalls are used to support collaboration and visualization of students' ideas, allowing them to actively participate in the learning process. The results showed that the combination of PBL and TARL increased students' motivation in learning mathematics, developed problem-solving skills, and improved students' social and collaborative skills. This approach also facilitates students in connecting mathematical theory with practices around them, making learning more relevant and interesting. The application of PBL with TARL has a positive impact on improving the quality of mathematics learning for grade 5 students.