KONSEP MANAJEMEN PENDIDIKAN ISLAM DALAM MENGHADAPI TANTANGAN GLOBALISASI

Penulis

  • Dwi Rahmadani UIN Imam Bonjol Padang
  • Tizahara Onma Reskinta UIN Imam Bonjol Padang
  • Gusmaneli UIN Imam Bonjol Padang

Kata Kunci:

Manajemen, Pendidikan Islami, Tantangan, Globalisasi

Abstrak

Manajemen pendidikan Islam merupakan proses pengelolaan lembaga pendidikan dengan prinsip-prinsip dan nilai-nilai Islam dalam rangka mencapai tujuan pendidikan yang holistik, baik di dunia maupun akhirat. Kajian ini membahas konsep dasar manajemen pendidikan Islam, yang mencakup definisi, prinsip-prinsip, fungsi, tujuan, strategi, serta tantangan yang dihadapi dalam era globalisasi. Prinsip-prinsip utama dalam manajemen pendidikan Islam antara lain keikhlasan, kejujuran, amanah, keadilan, dan tanggung jawab, yang semuanya berlandaskan pada ajaran Al-Qur’an dan hadis. Fungsi manajemen meliputi perencanaan, pengorganisasian, pelaksanaan, dan evaluasi, yang semuanya bertujuan menciptakan lingkungan belajar yang efektif dan berkarakter. Strategi manajemen yang efektif melibatkan integrasi nilai-nilai Islam secara konsisten, partisipasi aktif seluruh elemen pendidikan, optimalisasi teknologi, dan sistem evaluasi yang adil dan objektif. Dalam menghadapi tantangan globalisasi, pendidikan Islam harus responsif terhadap perubahan zaman tanpa kehilangan identitas keislamannya. Globalisasi memberikan peluang berupa kemudahan akses informasi dan peningkatan profesionalisme, namun juga membawa ancaman seperti komersialisasi pendidikan, disintegrasi budaya lokal, serta ketergantungan terhadap budaya luar. Oleh karena itu, manajemen pendidikan Islam perlu adaptif, responsif, dan tetap menjunjung tinggi nilai-nilai Islam untuk menjawab tantangan masa kini dan masa depan.

Islamic education management is the process of managing educational institutions with Islamic principles and values in order to achieve holistic educational goals, both in this world and the hereafter. This study discusses the basic concepts of Islamic education management, which include definitions, principles, functions, objectives, strategies, and challenges faced in the era of globalization. The main principles in Islamic education management include sincerity, honesty, trustworthiness, justice, and responsibility, all of which are based on the teachings of the Qur'an and hadith. Management functions include planning, organizing, implementing, and evaluating, all of which aim to create an effective and character-based learning environment. An effective management strategy involves consistent integration of Islamic values, active participation of all elements of education, optimization of technology, and a fair and objective evaluation system. In facing the challenges of globalization, Islamic education must be responsive to change without losing its Islamic identity. Globalization provides opportunities in the form of easy access to information and increased professionalism, but also brings threats such as commercialization of education, disintegration of local culture, and dependence on foreign culture. Therefore, Islamic education management needs to be adaptive, responsive, and continue to uphold high Islamic values to answer the challenges of the present and the future.

Unduhan

Diterbitkan

2025-04-29