PENGEMBANGAN MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS DIGITAL UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMBACA SISWA SEKOLAH DASAR

Penulis

  • Sri Wulan Valentina Universitas Islam Negeri Sultan Maulana Hasanuddin Banten
  • Imas Mastoah Universitas Islam Negeri Sultan Maulana Hasanuddin Banten

Kata Kunci:

Model Pembelajaran Digital, Kemampuan Membaca, Sekolah Dasar, Teknologi Pendidikan, Literasi Digital

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengembangan model pembelajaran berbasis digital untuk meningkatkan kemampuan membaca siswa sekolah dasar melalui metode kajian literatur review. Kajian ini mengidentifikasi berbagai jenis model pembelajaran berbasis digital yang efektif serta merumuskan strategi implementasinya dalam konteks pendidikan sekolah dasar di Indonesia. Penelitian dilakukan dengan menganalisis publikasi ilmiah dari berbagai database akademik dalam rentang waktu 10 tahun terakhir (2015-2025) menggunakan pendekatan PRISMA. Hasil penelitian menunjukkan bahwa model pembelajaran berbasis digital memiliki pengaruh signifikan terhadap peningkatan kemampuan membaca, mencakup aspek kelancaran (fluency), pemahaman (comprehension), pengembangan kosakata (vocabulary), dan motivasi membaca. Model pembelajaran yang efektif meliputi blended learning, inquiry berbasis literasi digital, dan model pembelajaran dengan dukungan teknologi interaktif seperti e-book, aplikasi membaca, multimedia, serta teknologi AR/VR. Implementasi model pembelajaran digital di sekolah dasar memerlukan infrastruktur yang memadai, kompetensi digital guru, dan strategi integrasi kurikulum yang terencana. Penelitian menyimpulkan bahwa meskipun terdapat tantangan dalam implementasi, dengan pendekatan yang tepat dan dukungan dari berbagai pemangku kepentingan, model pembelajaran berbasis digital dapat diimplementasikan secara efektif untuk meningkatkan kemampuan membaca siswa sekolah dasar di Indonesia. Implikasi dari penelitian ini mencakup pengembangan kurikulum yang mengintegrasikan teknologi, penguatan kompetensi digital guru, dan optimalisasi peran orangtua dalam mendukung pembelajaran berbasis digital.

Unduhan

Diterbitkan

2025-04-29