PENGARUH DUKUNGAN SOSIAL TEMAN SEBAYA DAN SELF EFFICACY TERHADAP STUDENT ENGANGEMENTPADA SMP ISLAM TERPADU JABAL NOOR DELI SERDANG
Kata Kunci:
Dukungan Sosial Teman Sebaya, Self Efficacy, Student Engagement, SMP Islam Terpadu, Keterlibatan Siswa, PendidikanAbstrak
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh dukungan sosial teman sebaya dan self efficacy terhadap tingkat keterlibatan siswa (student engagement) di SMP Islam Terpadu Jabal Noor Deli Serdang. Student engagement merupakan faktor penting yang mempengaruhi keberhasilan belajar siswa, yang dipengaruhi oleh berbagai faktor internal dan eksternal. Dalam penelitian ini, dua variabel utama yang diuji adalah dukungan sosial teman sebaya dan self efficacy. Dukungan sosial teman sebaya diukur berdasarkan bantuan emosional, instrumental, dan informasi yang diberikan oleh teman-teman sebaya, sementara self efficacy merujuk pada keyakinan diri siswa dalam kemampuan untuk mengatasi tantangan akademik. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan desain korelasional dan melibatkan sampel 240 siswa yang dipilih secara acak. Data dikumpulkan menggunakan kuesioner yang telah diuji validitas dan reliabilitasnya. Hasil analisis data menunjukkan bahwa baik dukungan sosial teman sebaya maupun self efficacy memiliki pengaruh positif yang signifikan terhadap student engagement. Hal ini menunjukkan bahwa semakin tinggi dukungan sosial yang diterima oleh siswa dari teman sebaya dan semakin tinggi keyakinan diri siswa dalam kemampuan akademiknya, maka semakin tinggi pula tingkat keterlibatan siswa dalam kegiatan pembelajaran. Temuan ini diharapkan dapat menjadi bahan pertimbangan bagi pihak sekolah dalam merancang program yang dapat meningkatkan dukungan sosial antar siswa dan memperkuat self efficacy guna meningkatkan student engagement di lingkungan pendidikan.
This study aims to analyze the effect of peer social support and self-efficacy on the level of student engagement at SMP Islam Terpadu Jabal Noor Deli Serdang. Student engagement is an important factor that influences student learning success, which is influenced by various internal and external factors. In this study, the two main variables tested were peer social support and self-efficacy. Peer social support is measured based on emotional, instrumental, and informational assistance provided by peers, while self-efficacy refers to students' self-confidence in their ability to overcome academic challenges. This study used a quantitative approach with a correlational design and involved a sample of 150 randomly selected students. Data were collected using a questionnaire that had been tested for validity and reliability. The results of the data analysis showed that both peer social support and self-efficacy had a significant positive effect on student engagement. This shows that the higher the social support received by students from peers and the higher the students' self-confidence in their academic abilities, the higher the level of student engagement in learning activities. These findings are expected to be a consideration for schools in designing programs that can increase social support between students and strengthen self-efficacy in order to increase student engagement in the educational environment.