PENGGUNAAN MODEL DAN PENDEKATAN PEMBELAJARAN INOVATIF UNTUK MENINGKATKAN PRESTASI SISWA (EFISIENSI DAN EFEKTIVITAS KETERCAPAIAN KOMPETENSI LULUSAN) DI MTS DDI GUSUNG MAKASSAR
Kata Kunci:
Siswa, Pendekatan pembalajaran, Model Pembelajaran, Inovatif, prestasi, Kompetensi lulusanAbstrak
Untuk meningkatkan prestasi siswa dalam hal efisiensi dan efektivitas ketercapaian kompetensi lulusan sangat tergantung pada pendekatan, model dan metode pembelajaran yang diterapkan. Adapun Model dan metode pendekatan pembelajaran yang diterapkan. Adapun metode pembelajaran yang dapat digunakan untuk mengimplementasikan strategi pembelajaran untuk meningkatkan efesiensi dan efektivitas ketercapaian kompetensi lulusan (prestasisiswa) antara lain: 1) Ceramah, 2) Demonstrasi, 3) Diskusi, 4) simulasi,dan 5) Laboratorium (Eksperimen). Selanjutnya, jika pendekatan,strategi,metode,Teknik,dan taktik pembelajaran dirangkai menjadi satu kesatuan yang utuh maka terbentuklah model pembelajaran. Adapun tujuan umum dari penggunaan model dan pendekatan pembelajaran inovatif adalah mewujudkan suasana belajar dan proses pembelajaran peserta didik secara aktif dan dapat mengembangkan potensi dirinya untuk memiliki kekuatan spiritual keagamaan, pengendalian diri, kepribadian, kecerdasan, akhlak mulia, serta keterampilan yang diperlukan dirinya, masyarakat, bangsa, dan negara, maka guru berkewajiban menyusun rencana pelaksanaan pembelajaran(RPP) secara lengkap dan sistematis.