PERAN BEAUTY INFLUENCER DALAM STRATEGI MENINGKATKAN PROMOSI PRODUK KECANTIKAN (X) PADA MAHASISWA PENDIDIKAN TATA RIAS (S1) UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA
Kata Kunci:
Pemberi Pengaruh, Strategi Promosi, Mahasiswa Tata Rias, Beauty Influencer, Promotional Strategy, Cosmetology StudentsAbstrak
Beauty influencer (pemberi pengaruh) di media sosial kini membawa pengaruh besar dalam mempromosikan sebuah produk dan mempengaruhi pengikutnya untuk menggunakan produk tersebut. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana peran beauty influencer (pemberi pengaruh) dalam strategi meningkatkan promosi suatu produk kecantikan (X). Subjek penelitian ini adalah mahasiswa aktif Pendidikan Tata Rias (S1) di Universitas Negeri Jakarta angkatan 2020-2021 yang berkerja sebagai beauty influencer (pemberi pengaruh) dan mempromosikan produk kecantikan (X). Metode Penelitian yang digunakan adalah pendekatan kualitatif dengan teknik pengumpulan data observasi, wawancara, dokumentasi, dan studi pustaka. Penelitian ini dilakukan secara langsung di lingkungan Universitas Negeri Jakarta dan melalui Zoom Meeting. Hasil dari penelitian ini menunjukan bahwa promosi yang dilakukan produk kecantikan (X) melalui kerja sama dengan beauty influencer (pemberi pengaruh) dinyatakan cukup efektif dalam meningkatkan promosi dan penjualan. Dari penelitian yang sudah dilakukan juga diketahui strategi promosi ini juga sangat tepat dilakukan mengingat bahwa target pasar brand kecantikan (X) adalah remaja sampai dewasa muda yang saat ini lebih aktif dalam media sosial.
Beauty influencers on social media now have a great influence in promoting a product and influencing their followers to use the product. The purpose of this study is to find out how the role of beauty influencers in the strategy of increasing the promotion of a beauty product (X). The subject of this study is an active student of Cosmetology Education (S1) at the State University of Jakarta class of 2019-2023 who works as a beauty influencer and promotes beauty products (X). The research method used is a qualitative approach with observation data collection techniques, interviews, documentation, and literature studies. This research was conducted directly within the State University of Jakarta and through Zoom Meeting. The results of this study show that the promotion of beauty products (X) through collaboration with beauty influencers is stated to be quite effective in increasing promotions and sales. From the research that has been carried out, it is also known that this promotion strategy is also very appropriate considering that the target market of beauty brands (X) is teenagers to young adulthood who are currently more active in social media.