ANALISIS FAKTOR – FAKTOR YANG MEMPENGARUHI MINAT SISWA DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA DI SEKOLAH SMK ISLAM WIJAYA KUSUMA

Penulis

  • Alvina Syahri Rahmah Universitas Indraprasta PGRI
  • Azizah Pricilya Miagusttin universitas Indraprasta PGRI
  • Ninda Handayani universitas Indraprasta PGRI

Kata Kunci:

Pendidikan, Minat Belajar, Pembelajaran Matematika, Education, Learning Interest, Mathematics Learning

Abstrak

Kemajuan suatu bangsa dan negara sangat tergantung pada pendidikan, karena setiap individu memiliki hak untuk menerima pendidikan sesuai dengan yang diamanatkan oleh Pasal 31 UUD 1945. Penyelenggaraan pendidikan yang berkualitas diharapkan dapat meningkatkan perkembangan individu yang memiliki kualitas seperti loyalitas, kompetensi, kreativitas, dan akuntabilitas. Tingkat minat belajar merupakan aspek psikologis penting yang mempunyai dampak langsung terhadap proses dan hasil belajar khususnya pada bidang matematika. Penelitian ini bertujuan untuk memahami faktor-faktor yang memengaruhi minat siswa terhadap pembelajaran matematika di SMK Islam Wijaya Kusuma Penelitian ini menggunakan metodologi deskriptif kualitatif, pengumpulan data melalui observasi dan wawancara. Temuan penelitian menunjukkan bahwa kecenderungan belajar siswa dipengaruhi oleh karakteristik internal seperti sikap, motivasi, dan kecerdasan, serta unsur eksternal seperti lingkungan sosial, lingkungan rumah, dan metode pengajaran yang digunakan guru. Menurunnya semangat siswa dalam mempelajari matematika disebabkan oleh kurangnya fokus dan dorongan, serta ketidakmampuan memahami isi pembelajaran. Kurangnya minat belajar siswa juga dapat disebabkan oleh faktor eksternal seperti lingkungan yang kurang mendukung dan metode pengajaran yang kurang menarik.

The progress of a nation and state is very dependent on education, because every individual has the right to receive education in accordance with Article 31 of the 1945 Constitution. The provision of quality education is expected to increase the development of individuals who have qualities such as loyalty, competence, creativity and accountability. The level of interest in learning is an important psychological aspect that has a direct impact on the learning process and outcomes, especially in the field of mathematics. This research aims to understand the factors that influence students' interest in learning mathematics at SMK Islam Wijaya Kusuma The research employed a descriptive qualitative methodology, gathering data through the means of observation and interviews. The research findings indicate that students' inclination towards learning is impacted by internal characteristics such as attitude, motivation, and intelligence, as well as external elements such as the social environment, home environment, and teaching methods employed by the teacher. The students' diminished enthusiasm for studying mathematics stems from a dearth of focus and drive, coupled with an incapacity to comprehend the instructional content. Students' lack of interest in studying can also be attributed to external factors such as an unsupportive environment and unappealing teaching methods.

Unduhan

Diterbitkan

2024-07-20