PENGEMBANGAN MODUL AJAR IPA TERINTEGRASI KITAB KUNING PADA MATERI GERAK JATUH BEBAS UNTUK MENINGKATKAN BERPIKIR KRITIS

Penulis

  • Noor Munaa Mamduuhah Mufid Universitas Sains Al-Qur’an Jawa Tengah di Wonosobo
  • Ahmad Khoiri Universitas Sains Al-Qur’an Jawa Tengah di Wonosobo

Kata Kunci:

pengembangan, integrasi, kitab kuning, berpikir kritis

Abstrak

Diharapkan dengan adanya modul tersebut dapat memecahkan lima permasalahan sekaligus yaitu kurangnya bahan ajar, kemampuan berpikir kritis yang rendah dan tidak terintegrasikan dalam materi pembelajaran fisika. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian pengembangan (Research and Development) yaitu metode penelitian yang digunakan untuk menghasilkan produk tertentu, dan menguji keefektifan produk tersebut Model Pengembangan Modul penelitian dan pengembangan yang digunakan adalah model pengembangan 4D. Modul ajar IPA yang terintegrasi kitab kuning sebelum di uji cobakan akan melewati proses validasi oleh tiga ahli yaitu ahli materi, ahli media dan ahli bahasa. Pada hasil analisis data akan dijelaskan enam pokok bahasan yaitu: (1) hasil validasi ahli materi; (2) hasil validasi ahli media; (3) hasil validasi ahli bahasa (4) uji kepraktisan guru; (5) hasil uji kepraktisan siswa; dan (6) hasil uji keefektifan siswa kelas . Kemudian untuk hasil rata-rata keseluruhan ahli materi sebesar 75% yang bermakna valid, ahli media 95% dan ahli bahasa sebesar 93%. Dengan menggunakan kurva untuk menentukan kedudukan t hitung dan t tabel, maka diketahui bahwa t hitung berada pada daerah penolakan Ho sehingga disimpulkan bahwa Ha diterima dan Ho ditolak. Dengan hal ini didapat bahwa terdapat pengaruh penggunaan modul yang dikembangkan pada peningkatan pemahaman konsep siswa.

Unduhan

Diterbitkan

2024-06-30