Keefektifan pembelajaran dengan model inkuiri terbimbing berbantuan LKPD kontekstual dalam meningkatkan HOTS fisika

Penulis

  • syahani tazkya mardatillah universitas negeri surabaya
  • budi jatmiko universitas negeri surabaya

Kata Kunci:

Pembelajaran inkuiri terbimbing, LKPD kontekstual, HOTS fisika

Abstrak

Keterampilan berpikir tingkat tinggi atau yang biasa disebut High Order Thinking Skill (HOTS) merupakan keterampilan yang harus dikembangkan pada abad ke-21 ini. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan efektivitas model pembelajaran inkuiri terbimbing dengan LKPD kontekstual dalam meningkatkan HOTS fisika. Penelitian ini adalah pre-eksperimen berulang tanpa kelas kontrol dengan bentuk one group pre-test post-test design dengan melibatkan 108 siswa yang terbagi dalam 3 kelas. Sebelum dilakukan pembelajaran dengan model inkuiri terbimbing menggunakan LKPD kontekstual, siswa diberikan pre-test. Selanjutnya siswa diberikan pembelajaran dan diamati oleh 2 orang pengamat dengan menggunakan lembar observasi keterlaksanaan pembelajaran. Setelah akhir pembelajaran, siswa diberikan post-test dengan soal yang sama. Selanjutnya, siswa diberikan angket respons siswa. Data yang telah terkumpul dianalisis menggunakan uji-t berpasangan, perhitungan N-gain, dan ANOVA. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: a) pembelajaran fisika model inkuiri terbimbing dengan LKPD kontekstual terlaksana dengan skor rata – rata sebesar 3,77 dan berkategori sangat baik.; b) ada peningkatan nilai post-test yang signifikan terhadap nilai pre-test, c) nilai rerata N-gain pada ketiga kelas berkategori tinggi, d) nilai rerata N-gain tidak berbeda pada ketiga kelas (konsisten), e) respons siswa sebesar 82,38% dan berkategori sangat positif. Kesimpulan dari penelitian ini adalah model pembelajaran inkuiri terbimbing dengan LKPD kontekstual efektif dalam meningkatkan HOTS fisika.

Unduhan

Diterbitkan

2024-06-30