META-ANALISIS PENGARUH MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS TEKNOLOGI DALAM PENINGKATAN HASIL BELAJAR PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN SISWA SD
Kata Kunci:
Teknologi, Hasil Belajar, SiswaAbstrak
Pembelajaran Pendidikan Kewarganegaran bagi siswa sangat membosankan, karena PKN berhubungan dengan hapalan, materi yang diajarkan sukar dan kompleks, sehinnga sukar bagi siswa untuk memahaminya, serta penyampaian pembelajaran oleh guru yang cenderung memakai metode ceramah. Penelitian ini memiliki tujuan untuk mengubah stigma negatif siswa terhadap pembelajaran PKN melalui penggunaan media pembelajaran berbasis teknologi. Meta-analisis adalah konse yang dipakai dalam studi ini. Metode akumulasi informasi dengan mencari 10 jurnal pada jurnal nasional sebagai sampel. Hasil dari penelitian menggunakan metode Meta-Analisis pada jurnal nasional,diketahui bahwa terjadi pertumbuhan temuan pembelajaran pelajar dengan menggunakan konsep belajar mengajar berlandaskan teknologi, hal tersebut diketahui berdasarkan adanya peningkatan hasil yang positif berdasarkan lima jurnal yang membahas komparasi penilaian rata-rata dari temuan pre-test serta post-test dan lima jurnal yang menggunakan analisis deskriptif.
Learning Citizenship Education for students is very boring, because PKN is related to memorization, the material taught is difficult and complex, so it is difficult for students to understand it, and the delivery of learning by teachers tends to use the lecture method. This research aims to change students' negative stigma towards PKN learning through the use of technology-based learning media. Meta-analysis is the method used in this research. Data accumulation technique by searching 10 journals in national journals as samples. The results of research using the Meta-Analysis method in national journals show that there has been an increase in student learning outcomes through the use of technology-based learning media. This is known based on an increase in positive results based on five journals that discuss the comparison of the average scores of the results.pre-test and post-test and five journals that use descriptive analysis.