ANALISIS PELAKSANAAN KEGIATAN LITERASI SEKOLAH DALAM KEGIATAN LITERASI MEMBACA PADA PESERTA DIDIK KELAS III DI SD INPRES MANGGE

Penulis

  • Nismawati Universitas Muhammadiyah Makassar
  • Aliem Bahri Universitas Muhammadiyah Makassar
  • Andi Paida Universitas Muhammadiyah Makassar

Kata Kunci:

literasi sekolah, literasi membaca

Abstrak

Penelitian ini mengkaji terkait Analisis Tentang Pelaksanaan Literasi sekolah dalam Kegiatan Literasi Membaca pada Peserta Didik Kelas III di SDN INPRES Mangge. Adapun sumber data dalam penelitian ini yaitu kepala sekolah dan tenaga pendidik selaku pelaksana dari kegiatan gerakan literasi sekolah dalam kegiatan literasi membaca. Tehnik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah dengan metode observasi, wawancara serta dokumentasi. Adapun faktor pendorong dari pelaksanaan gerakan literasi sekolah dalam kegiatan literasi membaca di SDN INPRES Mangge yaitu terdapat banyak sumber bacaan yang bisa diakses oleh peserta didik, sarana dan prasaran yang sudah cukup memadai, konsistensi kepala sekolah serta tenaga pendidik untuk terus mengembangkan kegiatan, serta minat yang tinggi dari peserta didik untuk terlibat dalam kegiatan literasi sekolah dalam litersi membaca yang dilaksanakan di SDN INPRES Mangge. Sedangkan faktor pengahambat dari pelaksanaan kegiatan gerakan literasi sekolah di SDN INPRES Mangge yaitu sumber dana yang digunakan dalam pelaksanaan masih sedikit, terdapat beberapa peserta didik yang tidak berminat untuk terlibat dalam kegiatan, serta kurangnya kesadaran orang tua peserta didik tentang pentingnya budaya literasi bagi anak. Berdasarkan hasil penelitian maka disimpulkan bahwa pelaksanaan kegiatan literasi sekolah dalam kegiatan literasi membaca di SDN INPRES Mangge sudah berlangsung dengan sangat baik.

Unduhan

Diterbitkan

2024-05-31