KONSEP DAN MODEL EVALUASI KURIKULUM PAI

Penulis

  • Novia Lisliningsih UIN Sjech M. Djamil Djambek Bukittinggi
  • Rahma Dona UIN Sjech M. Djamil Djambek Bukittinggi
  • Qonita Masyithah UIN Sjech M. Djamil Djambek Bukittinggi
  • Arifmiboy UIN Sjech M. Djamil Djambek Bukittinggi

Kata Kunci:

Evaluasi Kurikulum, Fungsi, Tujuan, Model

Abstrak

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk memberikan informasi tentang evaluasi kurikulum. Studi pustaka adalah jenis penelitian yang digunakan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa evaluasi kurikulum sangat penting untuk membuat kebijakan pendidikan dan keputusan kurikulum. Evaluasi kurikulum adalah proses ilmiah untuk mendapatkan data yang dapat diandalkan untuk membuat keputusan tentang kurikulum. Dengan menawarkan bantuan dan penghargaan, evaluasi berfungsi untuk memperbaiki kurikulum. Beberapa model evaluasi kurikulum yang dipaparkan adalah model CIPP, model evaluasi kurikulum yang berorientasi pada tujuan, model evaluasi yang lepas dari tujuan, model campuran multivariasi, model pendekatan proses, model evaluasi kuantitatif dan model evaluasi kualitatif.

The aim of this research is to provide information about curriculum evaluation. Library studies are a type of research used. The research results show that curriculum evaluation is very important for realizing educational policies and curriculum decisions. Curriculum evaluation is a scientific process for obtaining reliable data for making decisions about the curriculum. By offering assistance and rewards, evaluation serves to improve the curriculum. Some of the curriculum evaluation models presented are the CIPP model, goal-oriented curriculum evaluation model, goal-free evaluation model, multivariate mixed model, process approach model, quantitative evaluation model and qualitative evaluation model.

Unduhan

Diterbitkan

2024-05-31