PERAN KEPALA MADRASAH DALAM MENINGKATKAN PROFESIONALISME GURU DI MTs WALISONGO 1 MARON KABUPATEN PROBOLINGGO TAHUN AJARAN 2023-2024

Penulis

  • Tatik Inayati Universitas Panca Marga Probolinggo
  • Nurul Saila Universitas Panca Marga Probolinggo
  • Ludfi Arya Wardana Universitas Panca Marga Probolinggo

Kata Kunci:

Peran Kepala Madrasah, Profesionalisme Guru

Abstrak

Secara umum profesionalisme guru di MTs Walisongo 1 Maron sudah baik dapat dilihat dari kebijakan yang telah ditetapkan oleh kepala madrasah, namun nyatanya di lapangan masih ada sebagian kecil guru yang kurang pendekatan terhadap siswa, melalaikan tugasnya, tidak menaati peraturan dalam melakukan aktivitas kegiatan yang ada di MTs Walisongo 1 Maron. Dari sinilah peneliti tertarik untuk mengungkapkan masalah peran kepala madrasah dalam meningkatkan profesionalisme guru di MTs Walisongo 1 Maron Kabupaten Probolinggo tahun ajaran 2024. Metode yang digunakan dalam penelitia ini adalah pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian data deskriptif kualitatif, lokasi penelitian yang dipilih adalah MTs Walisongo 1 Maron Kabupaten Probolinggo. Sumber data yang digunakan adalah sumber data primer dan sekunder, dengan teknik pengumpulan data penelitian antara lain : observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan reduksi data, penyajian data, dan kesimpulan, sedangkan pengecekkan keabsahan data menggunakan teknik triangulasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa peran kepala madrasah dalam meningkatkan profesionalisme guru sebagai pendidik, administrasi, dan atasan bukan hanya menjadi pemimpin, melainkan telah mejadi pilar utama dalam lingkup kerja yang inspiratif dan responsive terhadap segala yang menjadi kebutuhan lembaga kepala madrasah berhasil menciptakan simpatisme guru sehingga guru merasa penting, dihargai, memiliki kebebasan berkontribusi, dan memiliki dukungan untuk meningkatkan profesionalisme. Namun, sebagian kecil guru masih menjadi penghambat. Dimana melalui kebijakan-kebijakan yang dibuat seperti musyawarah, pembinaan, dorongan terhadap guru di madrasah, penugasan pelatihan untuk guru, serta bekerja sama dengan orang tua dengan melakuka home visit, rekrutmen guru dengan lebih baik lagi.

Unduhan

Diterbitkan

2024-05-31