PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN VIDEO ANIMASI TATA CARA BERWUDHU DI TAMAN PENDIDIKAN AL-QURAN THARIQOTUSSA’ADAH DESA SENURO
Kata Kunci:
Media Pembelajaran, Video Animasi, Tata Cara BerwudhuAbstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media pembelajaran video animasi tentang tata cara berwudhu di TPA Thariqotussa’adah di desa Senuro. Model yang direkomendasikan oleh Thiagarajan, yang meliputi tahapan mendefinisikan, merancang, mengembangkan, dan menyebarluaskan (model 4-D), digunakan sebagai landasan dalam penelitian ini. Pengumpulan data dilakukan melalui penggunaan angket dan wawancara. Hasil dari penelitian menunjukkan bahwa dalam validasi oleh ahli bahasa, skor persentase mencapai 75% dengan kategori cukup valid, sedangkan ahli media memperoleh skor persentase 80% dengan kategori cukup valid, dan ahli materi memperoleh skor persentase 97,5% dengan kategori valid. Hasil dari uji coba one-to-one dan small group menunjukkan skor persentase keseluruhan sebesar 100% dengan kategori sangat praktis. Dengan demikian, video animasi mengenai tata cara berwudhu dianggap valid dan praktis untuk digunakan sebagai media pembelajaran.