ANALISIS PERKEMBANGAN KURIKULUM PKN SD

Penulis

  • Fitria Adi Ningsih Universitas Negeri Medan
  • Annisa Khairiyah Universitas Negeri Medan
  • Cucu Tri Ayu Ningrum Universitas Negeri Medan
  • Rahmi Khoiriyah Universitas Negeri Medan
  • Abel Christian Sigalingging Universitas Negeri Medan

Kata Kunci:

Kurikulum, PPKn, merdeka belajar

Abstrak

Perkembangan kurikulum bisa sangat dinamis di Indonesia. Tujuan dari kajian ini adalah untuk mengkaji bagaimana  kurikulum PKn Indonesia berkembang dari RPP tahun 1947 menjadi kurikulum  belajar mandiri modern tahun 2020.Metode  penelitian yang digunakan  di adalah penelitian kepustakaan.Berdasarkan hasil penelitian, Indonesia telah mengalami perkembangan kurikulum yang sangat dinamis sejak kemerdekaannya, dimulai pada tahun , diikuti oleh kurikulum tahun 1947, kurikulum yang dibongkar pada tahun 1952, kurikulum tahun 1964, dan silabus tahun 1968, hingga silabus tahun 1975. Silabus 1984, silabus 1994, dan silabus 1999, silabus 2004, silabus 2006, silabus 2013, dan yang terakhir sejauh ini mengacu pada silabus belajar mandiri tahun 2020 Dalam kasus PPKn, terdapat beberapa perkembangan dinamis yang bersifat normatif dalam perkembangan nomenklatur dan sistem. Kurikulum dalam penamaan saat ini adalah PPKn sebagai yang terbaru, sebelumnya terdapat berbagai nomenklatur seperti PKn, Pendidikan Kewarganegaraan, Pendidikan Moral Pancasila (PMP), Pendidikan Kewarganegaraan, dan kemudian dikenal Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan (PPKn).

Unduhan

Diterbitkan

2024-05-31