MENINGKATKAN BAHASA EKSPRESIF ANAK USIA 5-6 TAHUN MELALUI METODE BERCERITA DENGAN BUKU CERITA BERGAMBAR DI TK ROSAMISTIKA WAERANA

Penulis

  • Marselina Danur Universitas Katolik Indonesia Santu Paulus Ruteng

Kata Kunci:

Usia Dini, Bahasa Ekspresif, Buku Cerita Bergambar

Abstrak

Masalah yang dikaji dalam penelitian ini adalah rendahnya kemampuan bahasa ekspresif anak usia 5-6 tahun di TK Rosamistika Waerana. Tujuan penelitian ini adalah untukĀ  meningkatkan bahasa ekspresif anak usia 5-6 tahun melalui metode bercerita dengan buku cerita bergambar di TK Rosamistika Waerana. Penelitian ini merupakan jenis penelitian lapangan (field research) yang bersifat deskriftif analitik dengan menggunakan pendekatan kualitatif. Teknik pengumpulan data yang dilakukan dalam penelitian ini yaitu melalui observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan triangulasi teknik, yang mencakup pemeriksaan data dengan sumber yang sama menggunakan teknik yang berbeda, seperti wawancara, observasi, dokumentasi. Berdasarkan hasil penilitian ini, dapat disimpulkan bahwa pada TK Rosamistika Waerana, media buku bergambar untuk bercerita merupakan media pengembangan aspek anak dan alat untuk membantu proses guru dalam mengembangkan atau meningkatakan aspek perkembangan bahasa ekspresif anak. Media dalam pengembangan mempunyai peranan yang penting dalam proses kegiatan belajar mengajar. Bagi orang tua dan guru pemahaman tentang perkembangan bahasa anak usia dini sangat diperlukan untuk membantu mereka dalam meningkatkan kemampuan bahasa ekspresif anak.

Unduhan

Diterbitkan

2024-02-01