PENGARUH INTENSITAS MENGAKSES TIKTOK TERHADAP MINAT BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN TATA RIAS (Studi Kasus: Siswa Jurusan Seni Tari di SMKN 57 Jakarta)
Kata Kunci:
Intensitas, Aplikasi Tiktok, Minat BelajarAbstrak
Saat ini media sosial dimanfaatkan sebagai media pembelajaran. Karena materi yang diberikan oleh guru nyatanya tidak cukup menunjang pembelajaran bagi para siswa. Aplikasi Tiktok yang sedang populer dan banyak diakses oleh semua kalangan khususnya remaja usia sekolah. Selain sebagai media hiburan, keunikan aplikasi ini membuat para siswa tertarik mengakses untuk mencari informasi tambahan seputar pembelajaran. Siswa yang memanfaatkan media sosial dengan baik maka akan mendorong minat belajar mereka. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh intensitas mengakses tiktok terhadap minat belajar siswa jurusan seni tari pada mata pelajaran tata rias di SMKN 57 Jakarta. Metode penelitian yang digunakan adalah pendekatan kuantitatif dengan teknik sampling yang digunakan adalah Purposive Sampling (kriteria tertentu). Berdasarkan populasi sebanyak 101 orang dengan tingkat kepercayaan 95% maka didapatkan jumlah sampel penelitian sebesar 81 orang yang merupakan siswa jurusan seni tari di SMKN 57 Jakarta. Data diperoleh berdasarkan penyebaran kuesioner yang kemudian diolah menggunakan Uji Analisis Regresi Linear Sederhana dan Uji T. Berdasarkan uji analisis regresi linear sederhana menunjukkan Y=19,275 + 0,490X dimana intensitas mengakses tiktok sebesar 0,490 yang berarti setiap kenaikan maka minat belajar siswa bertambah 0,490 dan nilai t hitung 9,737 > t tabel 1,990 dengan tingkat signifikansinya 0,000 < 0,05. Sehingga Ho ditolak dan Ha diterima yang artinya terdapat pengaruh intensitas mengakses tiktok terhadap minat belajar siswa jurusan seni tari pada mata pelajaran tata rias di SMKN 57 Jakarta.