IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN PENDIDIKAN ISLAM TERHADAP PEMAHAMAN NILAI MORAL PESERTA DIDIK DI MADRASAH IBTIDAIYAH
Kata Kunci:
Pendidikan Islam, Nilai Moral, Madrasah IbtidaiyahAbstrak
Tantangan yang dihadapi dalam pendidikan di Indonesia saat ini adalah bagaimana
menyampaikan ajaran agama Islam secara komprehensif, mengingat sistem pendidikan
nasional minim dalam mengintegrasikan nilai-nilai agama Islam. Dalam penelitian ini,
peneliti menggunakan metode penelitian kepustakaan yang menggunakan sumber pustaka
sebagai sumber kegiatan penelitian. Tujuan pembelajaran agama Islam di Madrasah
Ibtidaiyah adalah mengembangkan kesadaran moral peserta didik, sehingga diharapkan
mereka dapat menjadi individu yang bertanggung jawab dan memiliki kesadaran moral yang
tinggi. Selain itu, pendidikan agama Islam juga berperan penting dalam membentuk karakter
siswa, dengan menekankan pentingnya karakter kuat seperti kejujuran, tekad, keberanian, dan
tanggung jawab. Hal ini akan membuat mereka menjadi individu yang mampu menghadapi
dan memahami nilai dan norma baru yang muncul dalam perubahan sosial yang cepat ini.