MERAJUT KEBERHASILAN PENDIDIKAN: STRATEGI CERDAS UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR DAN HASIL BELAJAR SISWA
Kata Kunci:
Strategi Cerdas, Meningkatkan Kemampuan Berpikir, Hasil Belajar SiswaAbstrak
Strategi merupakan serangkaian tindakan sistematis yang dilakukan untuk mencapai tujuan yang telah ditentukan dengan efektif. Strategi pembelajaran adalah suatu perencanaan langkah-langkah secara sistematis yang melibatkan berbagai metode guna mencapai tujuan pembelajaran yang telah ditetapkan. Banyak jenis strategi pembelajaran yang ditawarkan dan digunakan saat ini bagi para pendidik, namun dari beberapa teori para ahli secara tidak langusng menyebutkan bahwa terdapat strategi cerdas yang sesuai dengan pendidikan saat ini yaitu Strategi Pembelajaran Peningkatan Kemampuan Berpikir (SPPKB) merupakan salah satu strategi yang cerdas, yang bertumpu pada aspek proses dan hasil. Strategi Pembelajaran Peningkatan Kemampuan Berpikir (SPPKB) adalah strategi yang bertumpu kepada pengembangan kemampuan berikir siswa melalui telaah fakta-fakta atau pengalaman anak sebagai bahan untuk memecahkan masalah yang diajukan, dan strategi ini menyandarkan dua sisi sama pentingnya, yaitu sisi proses berpikir dan hasil belajar. Ketika pengajaran dilakukan dengan strategi SPPKB pesan yang disampaikan akan lebih kuat dan memiliki peluang yang besar untuk memenuhi kebutuhan siswa. Peneltian ini bertujuan untuk mendeskripsikan bahwa strategi SPPKB dapat meningkatkan kemampuan berpikir kreatif dan hasil belajar siswa. Metode yang digunakan adalah metode penelitian kualitatif dengan pendekatan studi kepustakaan. Hasil penelitian adalah dengan menggunakan strategi SPPKB dapat meningkatkan kemampuan berpikir kreatif dan hasil belajar siswa.