PENGARUH LEMBAGA PAUD TERHADAP PERKEMBANGAN DAN PERTUMBUHAN ANAK USIA DINI DITINJAU DARI SEGI KOGNITIFNYA

Penulis

  • I. Ketut Mahardika Universitas Jember
  • Khoirotul Azizatus Salis Universitas Jember
  • Lusiana Nofita Dewi Universitas Jember
  • Serlina Mila Tirani Universitas Jember

Kata Kunci:

Pendidikan, Pembelajaran, Perkembangan Kognitif

Abstrak

Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) adalah sebuah proses pendidikan dan pembelajaran untuk anak-anak yang berusia 0 hingga 5 tahun. Tujuan dari PAUD adalah untuk menjadikan anak-anak ini menjadi penerus bangsa dan berguna bagi masyarakat sejak mereka masih kecil. Lembaga PAUD sendiri menjalankan program ini. Namun, karena sistem di Indonesia tidak mewajibkan anak bersekolah di usia dini, kebanyakan orang tua tidak menyekolahkan anaknya di usia tersebut atau langsung menyekolahkannya ke jenjang sekolah dasar. Penelitian literasi ini berfokus pada bagaimana lembaga paud memengaruhi perkembangan kognitif anak, serta perkembangan sosial, seni, kognitif, moral, fisik, dan motorik.

Unduhan

Diterbitkan

2023-11-30