ANALISIS STUDI PUSTAKA TERHADAP GEJALA PSIKOLOGIS INTERNAL PESERTA DIDIK DALAM KONTEKS PEMBELAJARAN

Penulis

  • Sri Inayati Universitas Islam Negeri Sjech M.Djamil Djambek Bukittinggi
  • Azizatul Afifah Universitas Islam Negeri Sjech M.Djamil Djambek Bukittinggi
  • Linda Yarni Universitas Islam Negeri Sjech M.Djamil Djambek Bukittinggi

Kata Kunci:

Gejala Psikologis, Peserta Didik, Proses Pembelajaran

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji berbagai gejala psikologis internal peserta didik yang memengaruhi proses pembelajaran dalam konteks pendidikan. Fokus utama dari penelitian ini adalah pada aspek-aspek psikologis seperti pengamatan, tanggapan, fantasi, ingatan, pikiran, perhatian, perasaan, dan kemauan. Metode yang digunakan adalah studi kepustakaan (library research) dengan pendekatan kualitatif. Data dikumpulkan dari berbagai sumber literatur seperti buku, jurnal, dan artikel ilmiah yang relevan. Hasil analisis menunjukkan bahwa gejala psikologis internal memiliki peran krusial dalam mendukung atau menghambat keberhasilan pembelajaran. Setiap aspek psikologis berkontribusi secara unik terhadap proses belajar peserta didik. Oleh karena itu, pemahaman mendalam terhadap aspek psikologis ini sangat penting bagi para pendidik dalam merancang strategi pembelajaran yang efektif dan adaptif. Penelitian ini diharapkan dapat memberikan kontribusi teoritis maupun praktis dalam meningkatkan kualitas pendidikan yang berpihak pada kondisi psikologis peserta didik.

This study aims to explore various internal psychological symptoms in students that influence the learning process within the educational context. The primary focus is on psychological aspects such as observation, response, fantasy, memory, thought, attention, emotion, and will. This research employs a qualitative approach through library research methodology. Data were collected from various literature sources including books, journals, and scholarly articles. The analysis reveals that internal psychological symptoms play a critical role in either supporting or hindering the success of the learning process. Each psychological aspect uniquely contributes to student learning. Therefore, a deep understanding of these psychological factors is crucial for educators in designing effective and adaptive learning strategies. This study is expected to provide both theoretical and practical contributions to improving the quality of education that is attentive to students’ psychological conditions.

Unduhan

Diterbitkan

2025-06-29