ANALISIS PERKEMBANGAN KOGNITIF, SOSIAL, EMOSIONAL, DAN FISIK ANAK TUNAGRAHITA MELALUI OBSERVASI TERSTRUKTUR DI SLB
Kata Kunci:
Tunagrahita, Perkembangan Kognitif, Keterampilan Sosial, Regulasi Emosi, Motorik, SLBAbstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan perkembangan kognitif, sosial, emosional, dan fisik seorang siswa tunagrahita bernama Hafiz di SLB Negeri Rokan Hulu. Metode yang digunakan adalah deskriptif kualitatif dengan pendekatan studi kasus. Data diperoleh melalui observasi langsung menggunakan lembar observasi terstruktur yang mencakup indikator perilaku pada keempat aspek tersebut. Hasil menunjukkan bahwa Hafiz memiliki perkembangan yang cukup baik pada aspek kognitif dan fisik, terutama dalam memahami instruksi, mengenal angka, serta koordinasi motorik kasar. Namun, pada aspek sosial dan emosional, Hafiz masih memerlukan penguatan, terutama dalam hal inisiatif berinteraksi, mengekspresikan perasaan, dan keterlibatan dalam kegiatan kelompok. Penelitian ini menyimpulkan bahwa strategi pembelajaran yang konkret, visual, dan berbasis aktivitas kolaboratif sangat penting dalam mendukung perkembangan optimal siswa tunagrahita di lingkungan sekolah khusus.