PERAN KOMUNIKASI MELALUI PEMILIHAN KATA DALAM MENDIDIK ANAK USIA DINI
Kata Kunci:
Intonasi, Pilihan Kata, Bahasa Lembut, Komunikasi Mendidik, KetegasanAbstrak
Komunikasi yang efektif dalam konteks pendidikan maupun interpersonal menuntut keseimbangan antara kelembutan dan ketegasan. Penelitian ini membahas peran intonasi dan pilihan kata dalam menciptakan bahasa yang mendidik, lembut, namun tetap tegas. Intonasi yang tepat dapat memperkuat makna dan sikap pembicara tanpa menimbulkan kesan mengancam, sementara pilihan kata yang cermat mampu menyampaikan pesan dengan sopan dan jelas. Metode penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan analisis wacana terhadap data komunikasi lisan dari berbagai konteks, seperti interaksi guru-siswa, orang tua-anak, dan pemimpin-bawahan. Hasil analisis menunjukkan bahwa kombinasi antara intonasi menurun yang tenang dan penggunaan kata-kata afirmatif namun tidak agresif mampu menciptakan suasana komunikasi yang efektif dan mendidik tanpa kehilangan otoritas. Temuan ini penting untuk pengembangan keterampilan komunikasi yang lebih humanis dan berdampak dalam berbagai bidang.
Effective communication in both educational and interpersonal contexts requires a balance between gentleness and firmness. This study explores the role of intonation and word choice in creating a language that is educational, gentle, yet assertive. Proper intonation enhances the speaker’s intention and emotional stance without sounding threatening, while careful word selection ensures the message is delivered politely and clearly. This research uses a qualitative approach with discourse analysis on spoken communication data from various contexts, such as teacher-student, parent-child, and leader-subordinate interactions. The findings indicate that a calm downward intonation combined with affirmative but non-aggressive word choices can foster effective and constructive communication without undermining authority. These insights are valuable for developing more humane and impactful communication skills across different fields.