PENGARUH PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN PROJECT-BASED LEARNING BERBASIS VIDEO ANIMASI DALAM MENINGKATKAN KETERAMPILAN KOLABORATIF SISWA KELAS VII SMPN 21 MATARAM PADA MATA PELAJARAN PPKN
Kata Kunci:
Project-Based Learning, Video Animasi, Keterampilan Kolaboratif, PPKnAbstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas model pembelajaran Project-Based Learning (PjBL) berbasis video animasi dalam meningkatkan keterampilan kolaboratif siswa pada mata pelajaran PPKn di kelas VII SMPN 21 Mataram. Pendekatan yang digunakan adalah kuantitatif dengan desain quasi-experiment tipe Pretest-Posttest Control Group Design. Sampel penelitian terdiri dari kelas VII-B sebagai kelompok eksperimen dan VII-C sebagai kelompok kontrol. Teknik pengumpulan data mencakup dokumentasi, wawancara, kuesioner, dan observasi untuk menilai keterampilan kolaboratif siswa. Analisis data menggunakan uji independent sample T-test menunjukkan nilai signifikansi (2-tailed) sebesar 0,00 < 0,05, yang berarti terdapat perbedaan signifikan antara kedua kelompok. Rata-rata skor post-test kelompok eksperimen meningkat dari 136,9216 menjadi 168,1666, sedangkan kelompok kontrol hanya meningkat dari 116,5833 menjadi 130,9167. Hasil ini membuktikan bahwa penggunaan model PjBL berbasis video animasi efektif dalam meningkatkan keterampilan kolaboratif siswa pada pembelajaran PPKn.
This study aims to determine the effectiveness of the Project-Based Learning (PjBL) learning model based on animated videos in improving students' collaborative skills in PPKn subjects in class VII of SMPN 21 Mataram. The approach used is quantitative with a quasi-experimental design of the Pretest-Posttest Control Group Design type. The research sample consisted of class VII-B as the experimental group and VII-C as the control group. Data collection techniques include documentation, interviews, questionnaires, and observations to assess students' collaborative skills. Data analysis using the Independent Sample T-test showed a significance value (2-tailed) of 0.00 <0.05, which means there is a significant difference between the two groups. The average post-test score of the experimental group increased from 136.9216 to 168.1666, while the control group only increased from 116.5833 to 130.9167. These results prove that the use of the PjBL model based on animated videos is effective in improving students' collaborative skills in PPKn learning.