PERAN GURU SEKOLAH DASAR DALAM MENANAMKAN AKHLAK MULIA BERDASARKAN AJARAN ISLAM

Penulis

  • Fira Adelia Azradillah Universitas Pasundan
  • Arifin Ahmad Universitas Pasundan
  • Elisa Aprilia Universitas Pasundan
  • Fadelia Irawan Universitas Pasundan

Kata Kunci:

Guru SD, Akhlak Mulia, Pendidikan Islam, Nilai, Keteladanan

Abstrak

Akhlak mulia merupakan salah satu tujuan utama pendidikan dalam Islam. Pada tingkat Sekolah Dasar (SD), guru memiliki peran strategis dalam menanamkan nilai-nilai akhlak kepada peserta didik, mengingat usia mereka berada pada tahap pembentukan karakter. Artikel ini bertujuan untuk mengkaji peran guru SD dalam menanamkan akhlak mulia berdasarkan ajaran Islam, serta strategi yang dapat dilakukan di lingkungan sekolah. Penelitian ini menggunakan metode studi pustaka (library research) dengan pendekatan kualitatif deskriptif. Hasil kajian menunjukkan bahwa guru memiliki peran sebagai teladan, pembimbing moral, dan fasilitator nilai. Penanaman akhlak dilakukan melalui pembiasaan, keteladanan, dan integrasi nilai dalam pembelajaran.

 

Noble character is one of the primary goals of education in Islam. At the elementary school level, teachers play a strategic role in instilling moral values in students, considering their age is a crucial stage in character development. This article aims to examine the role of elementary school teachers in instilling noble character based on Islamic teachings, as well as the strategies that can be implemented within the school environment. This study employs a library research method with a descriptive qualitative approach. The findings indicate that teachers serve as role models, moral guides, and facilitators of values. The instillation of noble character is carried out through habituation, exemplary conduct, and the integration of values into the learning process.

Unduhan

Diterbitkan

2025-06-29