ANALISIS KEBUTUHAN SURAT PRIBADI DAN SURAT DINAS DENGAN METODE LTS ( LATIHAN TERBIMBING SISWA KELAS VII SMP SWASTA IT MELYAZ

Penulis

  • Septi Ayu Hazanah Putri Universitas Negeri Medan
  • Abdurahman Adisaputera Universitas Negeri Medan

Kata Kunci:

Latihan Terbimbing Siswa, Research And Development (R&D), Surat Pribadi, Surat Dinas

Abstrak

Penelitian ini merupakan pembelajaran awal dari rangkaian pengembangan bahan ajar surat pribadi dan surat dinas dengan metode LTS ( latihan terbimbing siswa) kelas VII SMP Swasta IT Melyaz. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII dengan jumlah 31 siswa. Analisis ini bertujuan untuk menemukan berbagai permasalahan yang akan dijadikan acuan dalam merancang materi ajar surat pribadi dan surat dinas dengan memanfaatkan media cetak (modul) kelas VII. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode penelitian dan pengembangan Research and Development (R&D). Penelitian ini merupakan metode penelitian untuk mengembangkan dan menguji produk dalam dunia pendidikan. Hasil dari penelitian ini serta kesimpulan yang di dapat adalah adanya peningkatan hasil dalam memahami, membedakan dan menyimpulkan surat pribadi dan surat dinas oleh siswa kelas VII dengan menggunakan metode LTS ( latihan terbimbing siswa). Setelah melaksanakan penelitian, peneliti berhasil mengumpulkan data yang diperlukan untuk analisis dan pembahasan lebih lanjut. Data yang diperoleh mencakup analisis terkait kebutuhan siswa, hasil validasi yang dilaksanakan ahli materi dan ahli media, juga penilaian atau validasi dari guru mata pelajaran Bahasa Indonesia. Berdasarkan analisis terhadap penilaian yang disampaikan oleh ahli materi, ahli media dan guru mata pelajaran menunjukkan bahwa produk materi ajar berupa modul memperoleh skor kelayakan sebesar 86,67% dari guru mata pelajaran, 80,44 % dari ahli medi, dan 88,42 % dari ahli materi, dan 96,80 % siswa setuju dengan adanya pengembangan materi ajar dalam bentuk modul dengan metode latihan terbimbing siswa. Persentase ini menempatkan produk ada di dalam golongan baik dan layak maka tidak memerlukan pembenahan lebih lanjut.

This research is an initial learning from a series of development of teaching materials for personal letters and official letters using the LTS (Guided Student Exercise) method for class VII students at SMP Swasta IT Melyaz. The population in this study was all 31 students in class VII. This analysis aims to identify various problems that will be used as a reference in designing teaching materials for personal letters and official letters using print media (modules) for class VII. This research uses a quantitative approach with Research and Development (R&D) method. This research is a research method to develop and test products in the world of education. The results of this research and the conclusions obtained are an increase in results in understanding, distinguishing, and concluding personal letters and official letters by class VII students using the LTS (Guided Student Exercise) method. After conducting the research, the researcher successfully collected the necessary data for further analysis and discussion. The data obtained includes analysis related to student needs, validation results carried out by material experts and media experts, as well as assessments or validation from Indonesian language teachers. Based on the analysis of the assessments submitted by material experts, media experts, and teachers, it shows that the teaching material product in the form of a module obtained a feasibility score of 86.67% from the teacher, 80.44% from the media expert, and 88.42% from the material expert, and 96.80% of students agree with the development of teaching materials in the form of modules with the guided student exercise method. This percentage puts the product in the good and feasible category, so it does not require further improvement.

Unduhan

Diterbitkan

2025-06-29