PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA PESERTA DIDIK (LKPD) MATERI TEKS PROSEDUR SISWA KELAS VII

Penulis

  • Annisa Elvira Universitas Negeri Medan
  • Elly Prihasti Wuriyani Universitas Negeri Medan

Kata Kunci:

Pengembangan, LKPD, Teks Prosedur, Kreativitas Siswa

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) pada materi teks prosedur untuk siswa kelas VII di MTS Al-Ittihadiyah Mamiyai Medan. Latar belakang penelitian ini didasarkan pada temuan awal bahwa pembelajaran teks prosedur masih berpusat pada buku teks yang kurang menarik dan tidak memfasilitasi keaktifan serta kreativitas siswa secara optimal. Penelitian ini menggunakan metode Research and Development (R&D) dengan model pengembangan Borg and Gall yang disederhanakan menjadi enam tahap, yaitu pengumpulan informasi, perancangan produk, validasi desain, revisi desain, uji coba produk, dan produk akhir. Subjek dalam penelitian ini meliputi validator ahli materi dan media, guru mata pelajaran Bahasa Indonesia, serta siswa kelas VII-3 sebagai responden uji coba. Hasil validasi menunjukkan bahwa LKPD yang dikembangkan masuk dalam kategori “sangat layak” untuk digunakan. LKPD yang dirancang juga mendapatkan respons positif dari peserta didik karena mampu meningkatkan minat, keterlibatan aktif, dan pemahaman mereka terhadap materi teks prosedur. Dengan demikian, produk LKPD ini dapat menjadi alternatif media pembelajaran yang efektif dan inovatif dalam pembelajaran Bahasa Indonesia.

Unduhan

Diterbitkan

2025-06-29