ANALISIS PEMAHAMAN BAHASA INGGRIS PADA MATERI TO BE : YES/NO QUESTION DAN PENGGUNAAN SHORT AND ANSWER SISWA KLS B SDS HKBP PARDAMEAN JL. PARDAMEAN NO. 94 A MEDAN

Penulis

  • Maya Cristiani Universitas Negeri Medan
  • Eva Betty Simanjuntak Universitas Negeri Medan
  • Bunga Sibatuara Universitas Negeri Medan
  • Gita Hutabarat Universitas Negeri Medan
  • Kristiana Manalu Universitas Negeri Medan
  • Elovani Enjelina Saragih Universitas Negeri Medan
  • Hefpy Florensia Br Tarigan Universitas Negeri Medan

Kata Kunci:

Pemahaman Bahasa Inggris, To Be, Yes/No Question, Short Answer, Siswa Sekolah Dasar

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pemahaman siswa kelas 5 SDS HKBP Pardamean terhadap materi to be: yes/no question dan penggunaan short answer dalam bahasa Inggris. Materi ini merupakan dasar penting dalam pembentukan kalimat sederhana dan komunikasi sehari-hari dalam bahasa Inggris. Penelitian dilakukan di SDS HKBP Pardamean yang beralamat di Jl. Pardamean No. 94 A, Medan, dengan menggunakan metode deskriptif kuantitatif. Data diperoleh melalui tes tertulis yang dirancang untuk mengukur kemampuan siswa dalam membentuk dan menjawab pertanyaan yes/no menggunakan to be. Hasil penelitian menunjukkan bahwa sebagian besar siswa masih mengalami kesulitan dalam mengidentifikasi bentuk to be yang sesuai dengan subjek, serta dalam memberikan short answer yang tepat. Faktor yang memengaruhi pemahaman siswa antara lain adalah kurangnya latihan, keterbatasan kosakata, serta pengaruh bahasa ibu. Temuan ini diharapkan dapat menjadi masukan bagi guru untuk merancang strategi pembelajaran yang lebih efektif dalam meningkatkan kemampuan dasar bahasa Inggris siswa.

Unduhan

Diterbitkan

2025-06-29