PERAN GURU DALAM MENGEMBANGKAN KURIKULUM PENDIDIKAN AGAMA ISLAM

Penulis

  • Saripuddin Napitupulu UIN Sjech M. Djamil Djambek Bukittinggi
  • Zulfani Sesmiarni UIN Sjech M. Djamil Djambek Bukittinggi

Kata Kunci:

Peran Guru Pengembangan Kurikulum

Abstrak

Pendidikan Agama Islam (PAI) memiliki peran yang sangat penting dalam pembentukan karakter, moral, dan kepribadian peserta didik di Indonesia. Guru sebagai ujung tombak pelaksanaan serta pengembangan kurikulum PAI memiliki posisi strategis dalam menjamin relevansi, efektivitas, dan kontekstualitas kurikulum dengan kebutuhan siswa serta dinamika sosial dan budaya zaman. Artikel ini mengkaji secara mendalam berbagai aspek terkait peran guru dalam proses pengembangan kurikulum PAI, mulai dari perencanaan, implementasi, hingga evaluasi, serta faktor-faktor yang mempengaruhi keberhasilannya. Melalui pendekatan kuantitatif dengan metode survei yang melibatkan guru-guru PAI, hasil penelitian menunjukkan bahwa keterlibatan aktif guru dalam setiap tahapan sangat berpengaruh terhadap keberhasilan pengembangan kurikulum yang inovatif dan adaptif. Diperlukan pula pelatihan berkelanjutan dan kolaborasi yang intensif antar guru untuk meningkatkan kompetensi dan inovasi metode pembelajaran, agar proses pembelajaran dapat berlangsung secara optimal dan mampu membentuk generasi yang tidak hanya cerdas secara intelektual tetapi juga berakhlak mulia.

Islamic Religious Education (IRE) plays a crucial role in shaping students’ character, morals, and personality in Indonesia. Teachers, as key agents in both the implementation and development of the IRE curriculum, hold a strategic position in ensuring that the curriculum remains relevant, effective, and contextualized to meet students' needs and the socio-cultural dynamics of the modern era. This article examines various aspects of teachers' roles in the development and implementation of the IRE curriculum, from planning and evaluation to the factors that influence its success. Using a quantitative approach through surveys involving IRE teachers, the findings indicate that active involvement of teachers in each stage significantly impacts the successful development of innovative and adaptable curricula. Moreover, continuous professional training and collaborative efforts among teachers are essential to enhance competencies and foster pedagogical innovation, thereby ensuring that the learning process runs optimally and can produce responsible, morally upright, and academically capable generations.

Unduhan

Diterbitkan

2025-06-29