STRATEGI PERUMUSAN TANTANGAN, SASARAN, DAN KETERKAITAN VISI-MISI DALAM PENGELOLAAN SATUAN ORGANISASI PENDIDIKAN ISLAM

Penulis

  • Ahmad Danial Akyas UIN Sunan Ampel Surabaya
  • Azizatul Magfiroh UIN Sunan Ampel Surabaya

Kata Kunci:

Visi, Misi, Tujuan, Sasaran, Tantangan, Manajemen Strategis

Abstrak

Lembaga Pendidikan Islam memiliki peran strategis dalam membentuk individu yang berakhlak mulia, beriman, serta bertakwa kepada Allah. Untuk mencapai tujuan tersebut, lembaga pendidikan Islam memerlukan perencanaan yang matang melalui perumusan visi, misi, tujuan, dan sasaran yang jelas. Visi berfungsi sebagai panduan utama dalam menentukan arah jangka panjang lembaga pendidikan, sementara misi menjelaskan langkah-langkah konkret yang harus dilakukan untuk mencapai visi tersebut. Tujuan kemudian dirancang sebagai pencapaian yang lebih spesifik dalam mendukung implementasi misi, sedangkan sasaran berperan sebagai ukuran keberhasilan yang dapat dievaluasi dalam kurun waktu tertentu. Namun, dalam implementasinya, lembaga pendidikan Islam menghadapi berbagai tantangan, baik dari lingkungan internal maupun eksternal. Tantangan internal meliputi keterbatasan sumber daya manusia, infrastruktur, serta manajemen yang belum optimal. Sementara itu, tantangan eksternal mencakup perubahan sosial, kemajuan teknologi, serta dinamika global yang menuntut adaptasi berkelanjutan. Untuk mengatasi tantangan tersebut, diperlukan strategi manajemen pendidikan Islam yang adaptif dan inovatif, yang tidak hanya mempertahankan nilai-nilai Islam tetapi juga relevan dengan perkembangan zaman. Penelitian ini menggunakan metode studi literatur dengan menganalisis berbagai sumber yang relevan untuk memahami keterkaitan antara visi, misi, tujuan, sasaran, serta tantangan dalam satuan organisasi pendidikan Islam. Hasil penelitian menunjukkan bahwa keberhasilan suatu lembaga pendidikan Islam sangat dipengaruhi oleh keselarasan antara visi dan misi dengan tujuan serta sasaran yang telah ditetapkan. Selain itu, strategi yang tepat dalam menghadapi tantangan menjadi faktor kunci dalam meningkatkan mutu pendidikan. Oleh karena itu, diperlukan pendekatan manajemen strategis yang fleksibel dan berbasis nilai-nilai Islam agar lembaga pendidikan dapat berkembang serta mempertahankan eksistensinya di era modern.

Unduhan

Diterbitkan

2025-06-29