PERAN SEKOLAH LUAR BIASA (SLB) DALAM MEMBERIKAN PENDIDIKAN KHUSUS PADA ANAK BERKESULITAN BELAJAR (ABB)

Penulis

  • Bolona Rezana
  • Desra Iflianti Universitas Rokania
  • Nina Supina Universitas Rokania
  • Abdur Rahman Universitas Rokania

Kata Kunci:

Sekolah Luar Biasa, Kesulitan Belajar, Pendidikan Khusus, Pengajaran Individual, Peran Guru

Abstrak

Anak Berkesulitan Belajar (ABB) memerlukan dukungan pendidikan yang disesuaikan. Studi ini mengkaji peran Sekolah Luar Biasa (SLB) dalam memenuhi kebutuhan tersebut di SLB Negeri Rokan Hulu. Menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif, data dikumpulkan melalui observasi dan wawancara. Hasil menunjukkan bahwa SLB menyesuaikan kurikulum, menerapkan strategi individual, dan melibatkan orang tua untuk mendukung pembelajaran. Tantangan yang dihadapi meliputi keterbatasan guru berkualifikasi dan fasilitas yang belum memadai. Peningkatan keterampilan guru dan sumber daya menjadi kunci untuk meningkatkan efektivitas SLB.

 

Children with learning difficulties (ABB) need tailored educational support. This study explores the role of Special Schools (SLB) in meeting these needs at SLB Negeri Rokan Hulu. Using a qualitative descriptive approach, data were gathered through observations and interviews. Findings show SLBs adapt curricula, use individualized strategies, and involve parents to support learning. Challenges include limited qualified teachers and inadequate facilities. Improving teacher skills and resources is key to enhancing SLB effectiveness.

Unduhan

Diterbitkan

2025-05-30