METODE STORYTELLING MELALUI MEDIA FLIPBOOK UNTUK MENGATASI KESULITAN BELAJAR MATEMATIKA DI KELAS 1 SD
Kata Kunci:
Digital Storytelling, Flipbook, Pembelajaran Matematika, Sekolah Dasar, Penjumlahan Dan PenguranganAbstrak
Penelitian ini bertujuan untuk menguji efektivitas metode storytelling berbantuan media flipbook dalam mengatasi kesulitan belajar matematika pada materi penjumlahan dan pengurangan bilangan 1-20 di kelas 1 SD 067068. Metode penelitian yang digunakan ialah kuantitatif dengan desain eksperimen one-group pretest-posttest dengan melibatkan 22 siswa sebagai sampel. Data dikumpulkan melalui tes tertulis, observasi, dan wawancara, kemudian dianalisis secara statistik menggunakan uji paired sample t-test. Hasil penelitian menunjukkan peningkatan signifikan pada pemahaman siswa, dengan rata-rata nilai pretest 61,59 meningkat menjadi 77,50 pada posttest. Media flipbook terbukti efektif dalam memvisualisasikan konsep matematika secara konkret melalui narasi dan elemen interaktif, sehingga membuat pembelajaran lebih menarik dan bermakna. Temuan ini mendukung penggunaan media digital berbasis storytelling sebagai alternatif inovatif untuk meningkatkan kualitas pembelajaran matematika di sekolah dasar.
This study aims to test the effectiveness of the storytelling method assisted by flipbook media in overcoming learning difficulties in mathematics on the addition and subtraction of numbers 1-20 in grade 1 of SD 067068. The research method used is quantitative with a one-group pretest-posttest experimental design involving 22 students as samples. Data were collected through written tests, observations, and interviews, then analyzed statistically using the paired sample t-test. The results showed a significant increase in student understanding, with an average pretest score of 61.59 increasing to 77.50 in the posttest. Flipbook media has proven effective in visualizing mathematical concepts concretely through narratives and interactive elements, making learning more interesting and meaningful. These findings support the use of storytelling-based digital media as an innovative alternative to improve the quality of mathematics learning in elementary schools.