PENGEMBANGAN BAHAN AJAR BUKU SAKU BERBASIS MIND MAPPING PADA MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA MATERI TEKS NEGOSIASI KELAS X

Penulis

  • Nur Anisah Lubis Universitas Negeri Medan
  • Wisman Hadi Universitas Negeri Medan

Kata Kunci:

Pengembangan Bahan Ajar, Buku Saku, Mind Mapping, Teks Negosiasi

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk, (1) mengetahui proses pengembangan bahan ajar buku saku berbasis Mind Mapping pada mata pelajaran bahasa Indonesia materi teks negosiasi kelas X, (2) mendeskripsikan bentuk pengembangan bahan ajar buku saku berbasis Mind Mapping pada mata pelajaran bahasa Indonesia materi teks negosiasi kelas X, (3) mengukur kelayakan produk bahan ajar buku saku berbasis Mind Mapping pada siswa kelas X. Jenis penelitian ini yang digunakan pada penelitian ini merupakan penelitian pengembangan Research and Development (R&D) dengan sample penelitian sebanyak 28 peserta didik. Instrumen penelitian yang digunakan dalam penelitian ini berupa angket kebutuhan siswa, validasi ahli materi, ahli desain, uji coba respon guru, dan uji coba respon siswa menggunakan skala likert. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa bahan ajar buku saku berbasis Mind Mapping pada mata pelajaran bahasa Indonesia materi teks negosiasi kelas X SMA termasuk kategori sangat layak digunakan dengan hasil skor ahli materi 94%, ahli desain 96%, uji coba respon guru 95%, dan uji coba respon siswa 85%. Maka dari itu, bahan ajar buku saku berbasis Mind Mapping bisa dijadikan bahan ajar pendukung pada pembelajaran teks negosiasi kelas X SMA.

Unduhan

Diterbitkan

2025-05-30