PEMETAAN POTENSI DAN TANTANGAN PERKEMBANGAN ANAK TUNA LARAS

Penulis

  • Sayyid Abdullah Universitas Rokania
  • Fitria Yolanda Universitas Rokania
  • Tety Herti Universitas Rokania
  • Syafrina Universitas Rokania

Kata Kunci:

Gangguan Emosi Dan Perilaku, Tuna Laras, Perkembangan Anak, Pendidikan Inklusif, Observasi, Kebutuhan Khusus

Abstrak

This study aims to explore and map the developmental potentials and challenges of children with emotional and behavioral disorders (tuna laras). Using qualitative methods involving structured observation and in-depth interviews, we examined the cognitive, emotional, social, and physical development of a 12-year-old girl with emotional behavioral difficulties in a Special Needs School (SLB) in Rokan Hulu. The findings highlight her strengths in emotional resilience and physical coordination, as well as areas for development in problem-solving and social collaboration. This study emphasizes the need for strength-based and inclusive educational strategies tailored to the needs of children with emotional and behavioral disorders.

 

Penelitian ini bertujuan untuk mengeksplorasi dan memetakan potensi serta tantangan perkembangan anak dengan gangguan emosi dan perilaku (tuna laras). Dengan menggunakan metode kualitatif melalui observasi terstruktur dan wawancara mendalam, kami mengkaji perkembangan kognitif, emosional, sosial, dan fisik dari seorang anak perempuan berusia 12 tahun dengan kesulitan perilaku emosional di Sekolah Luar Biasa (SLB) di Rokan Hulu. Temuan menunjukkan bahwa anak memiliki kekuatan dalam ketahanan emosional dan koordinasi fisik, serta area yang perlu dikembangkan dalam hal pemecahan masalah dan kerja sama sosial. Studi ini menekankan pentingnya strategi pendidikan inklusif dan berbasis kekuatan yang disesuaikan dengan kebutuhan anak-anak dengan gangguan emosi dan perilaku.

Unduhan

Diterbitkan

2025-05-30