PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN RADEC (READ-ANSWER- DISCUSS-EXPLAIN- AND CREATE) TERHADAP KEMAMPUN MENULIS TEKS PERSUASI SISWA KELAS VIII MTS NEGERI 1 MEDAN
Kata Kunci:
Pengaruh, RADEC (Read, Answer, Discuss, Explain, and Creat), Teks PersuasiAbstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui adanya pengaruh penggunaan model pembelajaran RADEC (Read, Answer, Discuss, Explain, and Creat) terhadap kemampuan menulis teks persuasi siswa kelas VIII MTs Negeri 1 Medan. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII dengan jumlah 348 siswa, dengan total 60 sampel penelitian yang terbagi menjadi 30 siswa untuk kelas kontrol dan 30 untuk kelas eksperimen. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode yang digunakan yaitu metode eksperimen dengan design penelitian two group post-test. Hasil dari penelitian ini serta kesimpulan yang di dapat adalah adanya peningkatan hasil menulis teks persuasi oleh siswa kelas VIII dengan menggunakan model pembelajaran RADEC (Read, Answer, Discuss, Explain, and Creat). Pada kelas kontrol dengan model konvensional nilai yang diperoleh berada pada klasifikasi cukup dengan nilai ratarata 73. Hal tersebut membuktikan bahwa kemampuan hasil menulis teks persuasi siswa belum dapat memenuhi kriteria ketuntatasan minimal yang telah ditentukan pihak sekolah yaitu 75. Sedangkan, kemampuan siswa kelas VIII dengan menggunakan model pembelajaran RADEC (Read, Answer, Discuss, Explain, and Creat) dalam menulis teks persuasi berada pada klasifikasi sangat baik dengan nilai rata-rata yang diperoleh adalah 88,3. Hal tersebut membuktikan bahwa dengan model pembelajaran RADEC (Read, Answer, Discuss, Explain, and Creat) dapat meningkatkan kemampuan siswa menulis teks persuasi yang dibuktikan dengan tercapai nya nilai ketuntasan minimal yang ditetapkan dari pihak sekolah yaitu 75. Hal tersebut juga dapat dibuktikan dengan hasil uji Thitung yang diuji adalah 7,46 dan Ttabel sebesar 1,69, hal ini membuktikan bahwa hipotesis penelitian atau Ha diterima karena Thitung (7,46) > Ttabel (1,69). Model pembelajaran RADEC (Read, Answer, Discuss, Explain, and Creat) berpengaruh terhadap kemampuan menulis teks persuasi oleh siswa kelas VIII MTs Negeri 1 Medan.
This research aims to determine the influence of use RADEC (Read, Answer, Discuss, Explain, and Creat) learning model Ability to Write Persuasive Texts by Class VIII Students of MTs Negeri 1 Medan. The population of this study was all 348 class VIII students, the research sample was 30 students for the control class and 30 for experimental class. The method used in this research is method experimental research using a quantitative approach with design two group post-test research. Research results and conclusions in research This is the ability of class VIII students at MTs Negeri 1 Medan in writing persuasive text using conventional learning models is located in the sufficient category with an average score of 73. This shows that the students' ability to write persuasive text does not meet the KKM The school has determined that it is 75. Meanwhile, the ability of class VIII students by using the RADEC learning model (Read, Answer, Discuss, Explain, and Creat) in writing persuasive text is in the very good category with value average 88,3. This shows the ability to write persuasive text students have met the KKM determined by the school, namely 75. Thitung value tested was 7,46 and Ttabel was 1.69, this proves that the hypothesis research or Ha is accepted because Thitung (7,46) > Ttabel (1.69). Learning model RADEC (Read, Answer, Discuss, Explain, and Creat) influences ability writing persuasive text by class VIII students of MTs Negeri 1 Medan.