KARAKTER GOTONG ROYONG MELALUI PROFIL PELAJAR PANCASILA KELAS V SEKOLAH DASAR NEGERI 01 PABELAN KECAMATAN KARTASURA KABUPATEN SUKOHARJO TAHUN AJARAN 2024/2025
Kata Kunci:
Karakter, Gotong Royong, Profil Pelajar PancasilaAbstrak
Penelitian ini di latar belakangi dengan sebuah fenomena bentuk Pengembangan dan Penerapan Karakter Gorong royong Melalui Profil Pelajar Pancasila Kelas V Sekolah Dasar Negeri 01 Pabelan. Dalam hal ini peneliti melihat adanya upaya atau cara sekolah dalam mengembangkan penerapan karakter peduli sosial gotong royong dengan melalui pembelajaran Profil Pelajar Pancasila (P5). Tujuan penelitian ini untuk mendiskripsikan Penerapan Karakter gotong royong melalui Profil Pelajar Pancasila Kelas V Sekolah Dasar Negeri 01 Pabelan Kecamatan Kartasura Kabupaten Sukoharjo Tahun Ajaran 2024/2025. Metodologi penelitian yang digunakan adalah kualitatif deskriptif. Penelitian ini dilaksanakan di SDN Pabelan 01 Katasura Sukoharjo dari bulan April sampai Mei 2025. Subyek penelitian ini adalah Guru Kelas V dan Siswa Kelas V serta informan adalah Kepala Sekolah. Pengumpulan data dilakukan dengan wawancara, observasi, dan Dokumentasi. Keabsahan data yang diperoleh menggunakan Triangulasi Teknik dan Triangulasi Sumber sedangkan Analisis Data menggunakan beberapa tahapan yang dilakukan peneliti yakni Kondensasi data, Tampilan data, dan Penarikan Kesimpulan atau Verifikasi.
This research is in the background with a phenomenon in the form of Character Development and Implementation of Gotong Royong Through the Pancasila Student Profile of Class V State Elementary School 01 Pabelan. In this case, the researcher sees an effort or way for schools to develop implementation the character of social care and mutual cooperation through learning the Pancasila Student Profile (P5). The purpose of this study is to describe the Implementation of Mutual Cooperation Character through the Pancasila Student Profile Class V State Elementary School 01 Pabelan, Kartasura District, Sukoharjo Regency for the 2024/2025 Academic Year. The research methodology used is qualitative descriptive. This research was carried out at SDN Pabelan 01 Katasura Sukoharjo from April to May 2025. The subjects of this research are Class V teachers and Class V students and the informant is the Principal. Data collection is carried out by interviews, observations, and documentation. The validity of the data obtained uses Triangulation Techniques and Source Triangulation while Data Analysis uses several stages carried out by the researcher, namely data condensation, data display, and Drawing Conclusions or Verification.