PENGARUH GAYA BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS VII SMP BUNDA HATI KUDUS WOLOAN

Penulis

  • Hadi Ignasius Untu STP Don Bosco Tomohon
  • Stivo Benedictus Kumaunang STP Don Bosco Tomohon
  • Virginia Scolastica Ndonga STP Don Bosco Tomohon
  • Benedicta Watulangkow STP Don Bosco Tomohon

Kata Kunci:

Gaya Belajar, Hasil Belajar, Visual, Auditori, Kinestetik

Abstrak

Penelitian ini dilaksanakan dengan tujuan guna menganalisis pengaruh gaya belajar terhadap hasil belajar siswa kelas VII SMP Bunda Hati Kudus Woloan. Penelitian menggunakan pendekatan kuantitatif dengan desain eksplanatif. Sampel pengamatan berjumlah 21 siswa kelas VII yang dipilih secara acak. Identifikasi gaya belajar dalam penelitian ini difokuskan pada tiga cara belajar utama yakni visual, auditori, dan kinestetik. Perolehan data dilaksanakan dengan cara kuesioner gaya belajar dan bukti prestasi siswa. Proses pengolahan data menggunakan metode yang berhubungan dengan pengumpulan data dan berdasarkan aktivitas yang dilakukan siswa dengan bantuan SPSS guna menguji pengaruh faktor bebas (gaya belajar) terhadap variabel terikat (prestasi siswa). Hasil penelitian ini menampilkan adanya adanya pengaruh signifikan gaya belajar terhadap hasil belajar siswa. Penelitian ini memberikan kontribusi pada pengembangan strategi pembelajaran yang memperhatikan keberagaman gaya belajar siswa untuk meningkatkan efektivitas proses pembelajaran.

This research aims to analyze the influence of learning styles on the learning outcomes of seventh-grade students at SMP Bunda Hati Kudus Woloan. The study employed a quantitative approach with an explanatory design. The research sample consisted of 21 seventh-grade students selected randomly. The identification of learning styles in this research focused on three main learning styles: visual, auditory, and kinesthetic. Data collection was conducted through learning style questionnaires and documentation of student learning outcomes. Data analysis used descriptive and inferential statistics with SPSS to test the influence of the independent variable (learning style) on the dependent variable (learning outcomes). The results showed a significant influence of learning styles on student learning outcomes. This research contributes to the development of learning strategies that consider the diversity of student learning styles to improve the effectiveness of the learning process.

Unduhan

Diterbitkan

2025-05-30