PENGARUH DUKUNGAN ORANG TUA TERHADAP PRESTASI BELAJAR PESERTA DIDIK KELAS VIII DI-SMP FRATER DON BOSCO TOMOHON

Penulis

  • Hadi Ignatius Untu Sekolah Tinggi Pastoral Don Bosco Tomohon
  • Pingkan Sangkay Sekolah Tinggi Pastoral Don Bosco Tomohon
  • Richard Mettan Sekolah Tinggi Pastoral Don Bosco Tomohon
  • Fransisca Langkeng Sekolah Tinggi Pastoral Don Bosco Tomohon
  • Fransiska Herman Sekolah Tinggi Pastoral Don Bosco Tomohon

Kata Kunci:

Dukungan Orang Tua, Prestasi Belajar, Pendidikan Menengah

Abstrak

Penelitian ini meneliti bagaimana dukungan orangtua mempengaruhi pembelajaran siswa kelas VIII di SMP Frater Don Bosco Tomohon. Faktor eksternal seperti dukungan orangtua diprediksi dapat meningkatkan prestasi akademik siswa. Sampel acak sebanyak 29 siswa digunakan untuk penelitian kuantitatif. Dukungan orangtua diukur menggunakan kuesioner skala Likert yang terdiri dari 10 pertanyaan, sedangkan data prestasi dikumpulkan dari rapor. Kami menggunakan korelasi Pearson Product Moment untuk menganalisis data. Dukungan orangtua tidak mempengaruhi keberhasilan belajar, dengan koefisien korelasi sebesar 0,002 dan nilai signifikansi sebesar 0,496. Hal ini menunjukkan bahwa variabel selain dukungan orangtua lebih mempengaruhi keberhasilan belajar siswa. Penemuan ini menunjukkan bahwa prestasi pendidikan melibatkan upaya dari semua bagian lingkungan pendidikan, bukan hanya orangtua.

This research examines how parental support affects grade VIII students' learning at SMP Frater Don Bosco Tomohon. External factors like parental support are predicted to boost pupils' academic achievement. A random sample of 29 students was employed for the quantitative investigation. Parental support was measured using a 10-question Likert scale questionnaire, while achievement data was collected from report cards. We utilized Pearson Product Moment correlation to analyze data. Parental support did not affect learning success, with a correlation coefficient of 0.002 and a significance value of 0.496. This suggests that variables other than parental support affect student learning success more. This discovery suggests that educational achievement involves efforts from all parts of the educational environment, not just parents.

Unduhan

Diterbitkan

2025-05-30