PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA WORDWALL UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR DALAM PEMBELAJARAN IPA SD

Penulis

  • Nurmayani Universitas Negeri Medan
  • Maya Alemina Ketaren Universitas Negeri Medan
  • Vitri Yasinta Pardosi Universitas Negeri Medan
  • Dini Arlina Situmorang Universitas Negeri Medan
  • Novi Kristina Purba Universitas Negeri Medan
  • Seleksi Niat Three Gulo Universitas Negeri Medan

Kata Kunci:

Wordwall, Hasil Belajar, IPA, Sekolah Dasar, Media Interaktif

Abstrak

Penelitian ini merupakan kajian literatur yang bertujuan untuk menganalisis pengaruh penggunaan media Wordwall terhadap peningkatan hasil belajar dalam pembelajaran Ilmu Pengetahuan Alam (IPA) di sekolah dasar. Kajian dilakukan dengan menelaah sejumlah penelitian relevan dalam lima tahun terakhir yang membahas efektivitas Wordwall sebagai media pembelajaran interaktif. Hasil kajian menunjukkan bahwa penggunaan Wordwall secara konsisten mampu meningkatkan hasil belajar siswa melalui penyajian materi yang menarik, interaktif, dan menyenangkan. Media ini juga mendorong keterlibatan aktif siswa serta memperkuat pemahaman konsep-konsep IPA yang bersifat abstrak. Selain itu, Wordwall mendukung terciptanya pembelajaran yang berpusat pada siswa dan sesuai dengan karakteristik pembelajaran abad ke-21. Dengan demikian, media Wordwall dinilai efektif sebagai sarana pembelajaran inovatif yang dapat diterapkan dalam meningkatkan kualitas hasil belajar siswa sekolah dasar.

Unduhan

Diterbitkan

2025-05-30