PERBANDINGAN SISTEM PENDIDIKAN ISLAM DI ERA TRADISIONAL DAN MODERN
Kata Kunci:
Perbandingan, Sistem Pendidikan Islam, Tradisional, ModernAbstrak
Artikel ini bertujuan untuk meneliti perbandingan pendidikan Islam tradisional dan Pendidikan Islam modern, dan berfokus kepada perubahannya dalam perkembangan zaman, metode pengajarannya, dan nilai-nilai yang dikembangkan dalam setiap zamannya. Tujuan dari artikel ini adalah agar dapat memahami perkembangan pendidikan Islam dari tradisional ke modern seiring dengan perkembangan zaman tetap menerapkan nilai-nilai dasar keislaman tanpa meninggalkannya, juga untuk mengetahui karakteristik dalam pendidikan tradisional maupun modern, baik dari segi metode, ilmu, dan cara pengajarannya. Metode yang digunakan artikel ini adalah penelitian kualitatif dengan metode kepustakaan (Library Research), yang memuat berbagai sumber terkait materi pendidikan islam tradisional dan modern. Pada era pendidikan islam tradisional, difokuskan kepada pengajaran Al-Qur'an, Hadis, fiqih, dan tasawuf melalui sistem metode halaqah di surau atau langgar dengan hafalan atau diskusi. Nilai-nilai akhlak, adab dan kesopanan di era itu juga sangat ditekankan. Sedangkan pendidikan islam modern, mengalami perubahan yang lebih relevan karena lebih terbuka dengan ilmu pengetahuan umum seperti sains dan teknologi. Lembaga pendidikan Islam saat ini menggunakan metode pembelajaran yang berbasis teknologi dan media sosial sesuai dengan perkembangan zaman. Meskipun terdapat banyak perbedaan dari pendidikan Islam tradisional dan pendidikan Islam modern dalam metode pembelajaran dan medianya, nilai-nilai dasar islam tetap menjadi fondasi utama didalam pendidikan islam. Artikel ini menekankan pentingnya antara nilai tradisional dengan pendekatan modern dalam mengembangkan pendidikan Islam yang relevan di masa sekarang.
This article aims to examine the comparison between traditional Islamic education and modern Islamic education, focusing on the changes that have occurred over time, the teaching methods employed, and the values emphasized in each era. The primary objective of this study is to understand the transformation of Islamic education from the traditional to the modern period while maintaining the foundational Islamic values. Furthermore, this article seeks to identify the characteristics of both traditional and modern Islamic education in terms of teaching methods, subject matter, and instructional approaches. This study employs a qualitative approach using library research, drawing from relevant literature on both traditional and modern Islamic education. In the traditional era, Islamic education primarily focused on religious sciences such as the Qur'an, Hadith, Fiqh, and Sufism. Instruction was typically delivered through the halaqah system in suraus or langgars (traditional prayer houses), using memorization and discussion methods. Ethical values, manners, and decorum were highly emphasized during this period. In contrast, modern Islamic education has undergone significant changes, marked by greater openness to general knowledge, including science and technology. Contemporary Islamic educational institutions have adopted technology-based learning methods and integrated digital platforms and social media in response to current developments. Despite the stark differences between traditional and modern Islamic education in terms of methods and media, fundamental Islamic values continue to serve as the core foundation. Therefore, this article highlights the importance of harmonizing traditional values with modern approaches in order to develop Islamic education that is both contextual and relevant to contemporary needs.