MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMBACA PERMULAAN SUKU KATA MELALUI MEDIA HUPARO BAGI ANAK DISABILITAS INTELEKTUAL (SINGLE SUBJECT RESEARCH KELAS III DI SLB AL AZHAR BUKITTINGGI)

Penulis

  • Anisa Rahmi Universitas Negeri Padang
  • Irdamurni Universitas Negeri Padang

Kata Kunci:

Membaca Permulaan, Suku Kata, Disabilitas Intelektual, Roda Berputar

Abstrak

Latar belakang penelitian ini adalah adanya permasalahan pada kemampuan membaca permulaan suku kata pada anak disabilitas intelektual kelas III di SLB AL Azhar Bukittinggi. Studi Pendahuluan ditermukan satu anak yang mengalami kemampuan membaca suku kata yang masih belum optimal selain itu penggunaan media yang masih bersifat konvensional dalam meningkatkan kemampuan anak dalam membaca permulaan suku kata. Media penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah media roda berputar. Media ini cocok digunakan untuk anak disabilitas intelektual karena Memberikan visualisasi yang lebih menarik karna memilik beragam macam warna dan permainan yang menyenangkan sambil belajar. Hasil dari penelitian yang  dilakukan sebanyak 14 pertemuan yang terbagi dalam 3 tahap, yaitu baseline (A1) sebanyak 3 pertemuan mendapatkan hasil 5%, 5%, dan 5%. Tahap intervensi (B) sebanyak 8 pertemuan mendapatkan hasil 40%, 65%, 70%, 90%, 90%, 90%, 90%,  dan 90%. Tahap baseline (A2) sebanyak 3 pertemuan mendapatkan hasil 95%, 95%, dan 95%. Berdasarkan hasil penelitian terbukti bahwa media roda berputar efektif digunakan untuk meningkatkan kemampuan membaca permulaan suku kata bagi anak disabilitas intelektual ringan dikarenakan hasil penelitian menunjukan peningkatan.

The background of this study is the problem of the ability to read the beginning of syllables in children with intellectual disabilities in grade III at SLB AL Azhar Bukittinggi. The Preliminary Study found one child who had a less than optimal ability to read syllables, in addition to the use of media that is still conventional in improving children's ability to read the beginning of syllables. The research media used in this study is the rotating wheel media. This media is suitable for children with intellectual disabilities because it provides more interesting visualization because it has a variety of colors and fun games while learning. The results of the study were 14 meetings divided into 3 stages, namely baseline (A1) with 3 meetings getting results of 5%, 5%, and 5%. The intervention stage (B) with 8 meetings getting results of 40%, 65%, 70%, 90%, 90%, 90%, 90%, and 90%. The baseline stage (A2) with 3 meetings getting results of 95%, 95%, and 95%. Based on the research results, it was proven that the rotating wheel media was effective in improving the ability to read the beginning syllables for children with mild intellectual disabilities because the research results showed an increase.

Unduhan

Diterbitkan

2025-05-30