PENGARUH MICROTEACHING TERHADAP PENGEMBANGAN KOMPETENSI PEDAGOGIK CALON GURU

Penulis

  • Tiara Sauna Br Sembiring Universitas Negeri Medan
  • Pitria Lestari Simanjuntak Universitas Negeri Medan
  • Melyana Novi Anggi Manalu Universitas Negeri Medan
  • Imel Fitaloca Tambunan Universitas Negeri Medan
  • Nurmayani Universitas Negeri Medan
  • Maya Alemina Ketaren Universitas Negeri Medan

Kata Kunci:

Microteaching, Kompetensi Pedagogik, Calon Guru, Perencanaan Pembelajaran, Evaluasi Pembelajaran, Pengelolaan Kelas

Abstrak

Microteaching merupakan salah satu strategi pelatihan yang dirancang untuk mempersiapkan calon guru dalam mengembangkan keterampilan mengajar secara bertahap dan sistematis. Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji pengaruh microteaching terhadap pengembangan kompetensi pedagogik calon guru, melalui telaah terhadap berbagai literatur ilmiah nasional. Fokus utama kajian meliputi empat aspek utama kompetensi pedagogik, yaitu perencanaan pembelajaran, pelaksanaan pembelajaran, evaluasi hasil belajar, dan pengelolaan kelas. Dengan menggunakan pendekatan kajian pustaka, studi ini menganalisis sejumlah artikel dan hasil penelitian yang diterbitkan dalam lima tahun terakhir (2019–2024). Hasil kajian menunjukkan bahwa microteaching secara konsisten mampu meningkatkan kepercayaan diri, keterampilan teknis, serta kemampuan reflektif calon guru dalam proses pembelajaran. Selain itu, efektivitas program microteaching juga dipengaruhi oleh faktor-faktor seperti kualitas dosen pembimbing, ketersediaan sarana prasarana, serta sistem evaluasi dan umpan balik. Temuan ini merekomendasikan perlunya optimalisasi implementasi microteaching di lingkungan LPTK, baik dari aspek kurikulum, metode pelaksanaan, maupun dukungan teknologinya, guna mencetak tenaga pendidik yang profesional dan adaptif terhadap dinamika dunia pendidikan.

Microteaching is a training strategy designed to systematically prepare prospective teachers in developing their teaching skills in a gradual and structured manner. This study aims to examine the impact of microteaching on the development of pedagogical competence among prospective teachers, through a review of relevant national academic literature. The main focus includes four core components of pedagogical competence: lesson planning, instructional delivery, learning evaluation, and classroom management. Employing a literature review approach, this study analyzes various journal articles and research findings published between 2019 and 2024. The results indicate that microteaching consistently enhances the confidence, technical skills, and reflective abilities of prospective teachers in instructional practices. Furthermore, the effectiveness of microteaching programs is influenced by factors such as the quality of instructor guidance, the availability of facilities, and the feedback and assessment systems. The findings recommend the need to optimize the implementation of microteaching within teacher education institutions (TEIs), particularly in terms of curriculum design, instructional methods, and technological support, to better prepare future educators who are professional and adaptable to the evolving educational landscape.

Unduhan

Diterbitkan

2025-05-30