EFEKTIFITAS PENGGUNAAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS AUGMENTED REALITY DI SEKOLAH MENENGAH KEJURUAN
Kata Kunci:
Augmented Reality, Pembelajaran Interaktif, Hasil Pembelajaran, SMKAbstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi efektivitas penggunaan media pembelajaran berbasis Augmented Reality (AR) dalam meningkatkan kualitas pembelajaran di Sekolah Menengah Kejuruan (SMK). Pendekatan yang digunakan adalah Systematic Literature Review (SLR) dengan merujuk pada pedoman PRISMA untuk mengkaji 15 artikel ilmiah terkait implementasi media AR dalam pembelajaran teknik. Hasil kajian menunjukkan bahwa penggunaan AR secara signifikan meningkatkan pemahaman konseptual, hasil belajar, motivasi, dan keterlibatan siswa dalam proses pembelajaran. Media AR juga terbukti valid dan layak digunakan berdasarkan penilaian ahli, serta mampu mengkonkretkan konsep abstrak melalui visualisasi tiga dimensi yang interaktif. Temuan ini mengindikasikan bahwa media AR merupakan inovasi yang relevan dan efektif untuk diterapkan dalam pendidikan vokasi guna menjembatani teori dan praktik sesuai tuntutan dunia industri.
This study aims to evaluate the effectiveness of using Augmented Reality (AR)-based instructional media in enhancing the quality of learning in Vocational High Schools (SMK). A Systematic Literature Review (SLR) approach was employed, guided by PRISMA protocols, to analyze 15 scientific articles related to the implementation of AR media in technical education. The findings indicate that AR significantly improves students' conceptual understanding, learning outcomes, motivation, and engagement in the learning process. AR media also demonstrated high validity and feasibility based on expert evaluations, and its ability to concretize abstract concepts through interactive 3D visualizations enhances comprehension. These results suggest that AR-based media is a relevant and effective innovation for vocational education, bridging the gap between theory and practice in alignment with industrial demands.