PENGARUH KEDISIPLINAN BELAJAR TERHADAP PRESTASI AKADEMIK SISWA KELAS XI SMA NEGERI I TOMBARIRI

Penulis

  • Hadi Ignatius Untu STP Don Bosco Tomohon
  • Conny Tamboto STP Don Bosco Tomohon
  • Nikolaus Fasak STP Don Bosco Tomohon
  • Julianti Lataan STP Don Bosco Tomohon

Kata Kunci:

Kedisplinan, Prestasi Akademik, Percaya Diri

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji dampak kedisiplinan belajar terhadap pencapaian akademik peserta didik kelas XI di SMA Negeri I Tombariri. Kedisiplinan belajar, yang mencakup konsistensi dalam mengatur waktu belajar, ketepatan penyelesaian tugas, serta kepercayaan diri dalam mencapai hasil yang baik sangat tinggi, diduga menjadi beberapa faktor penentu kesuksesan akademik. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah kuantitatif dengan pendekatan survei melalui penyebaran angket kepada responden. Analisis data dilakukan dengan teknik regresi linier sederhana untuk mengukur seberapa besar pengaruh kedisiplinan belajar terhadap prestasi akademik. Hasil analisis menunjukkan bahwa kedisiplinan belajar memiliki pengaruh yang positif dan signifikan terhadap prestasi akademik siswa. Artinya, semakin tinggi tingkat kedisiplinan belajar siswa, semakin tinggi pula capaian akademik yang diperoleh. Temuan ini mengindikasikan bahwa pembiasaan kedisiplinan dalam proses pembelajaran dapat menjadi strategi efektif untuk meningkatkan hasil belajar siswa.

This study aims to examine the impact of learning discipline on the academic achievement of Class XI students at SMA Negeri I Tombariri. Learning discipline, which includes consistency in time management, timely completion of assignments, and self-confidence in achieving high results, is suspected to be a determining factor in academic success. The method used in this research is quantitative with a survey approach through questionnaire distribution to respondents. Data analysis was conducted using simple linear regression techniques to measure the extent of the influence of learning discipline on academic achievement. The results of the analysis indicate that learning discipline has a positive and significant influence on students' academic achievement. This means that the higher the level of a student's learning discipline, the higher their academic performance. These findings suggest that cultivating discipline in the learning process can be an effective strategy for improving student learning outcomes.

Unduhan

Diterbitkan

2025-05-30