MENGURANGI PERILAKU MENGANGGU TEMAN MELALUI GAME WORDWALL PADA PESERTA DIDIK AUTIS

Penulis

  • Titian Mei Mistariani Laia Universitas Negeri Padang
  • Johandri Taufan Universitas Negeri Padang

Kata Kunci:

Anak Berkebutuhan Khusus, Autis, Perilaku, Game Wordwall

Abstrak

Penelitian ini dilatar belakangi oleh permasalahan peserta didik kelas VII SLB 1 Sungai Pagu yang memiliki perilaku mengganggu teman di sekolah. Berdasarkan hal tersebut dikemukakan rumusan masalah penelitian yaitu “Apakah game wordwall dapat mengurangi perilaku mengganggu teman pada peserta didik autis kelas VII SLB N 1 Sungai Pagu”. Tujuan penelitian ini untuk membuktikan bahwa game wordwall efektif untuk mengurangi perilaku mengganggu teman pada peserta didik autis kelas VII SLB N 1 Sungai Pagu. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian eksperimen dengan Single Subject Research (SSR) dengan desain A-B. Subjek dalam penelitian ini yaitu satu subjek yaitu peserta didik autis kelas VII SMPLB. Penelitian ini menggunakan game wordwall sebagai variabel bebas, dan variabel terikatnya yaitu mengurangi perilaku mengganggu teman. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan teknik tes dengan alat pengumpulan data berupa instrumen. Teknik analisis data yang di gunakan analisis visual grafik. Hasil penelitian ini menunjukkan perilaku yaitu mengganggu teman pada peserta didik autis menurun setelah diberikan modifikasi perilaku menggunakan game wordwall. Dibuktikan dengan adanya penurunan perilaku mengganggu teman pada peserta didik autis temuan analisis data, kondisi dan interaksi antar kondisi menunjukkan hasil yang sesuai.

This research is motivated by the problem of class VII students of SLB 1 Sungai Pagu who have disruptive behavior towards friends at school. Based on this, the formulation of the research problem is put forward, namely "Can wordwall games reduce disruptive behavior towards friends in autistic students of class VII SLB N 1 Sungai Pagu". The purpose of this study is to prove that wordwall games are effective in reducing disruptive behavior towards friends in autistic students of class VII SLB N 1 Sungai Pagu. This study uses an experimental research type with Single Subject Research (SSR) with an A-B design. The subject in this study is one subject, namely autistic students of class VII SMPLB. This study uses wordwall games as independent variables, and the dependent variable is reducing disruptive behavior towards friends. The data collection technique in this study uses a test technique with a data collection tool in the form of an instrument. The data analysis technique used is visual graphic analysis. The results of this study show that disruptive behavior towards friends in autistic students decreased after being given behavioral modification using wordwall games. This is proven by the decrease in disruptive behavior of friends in autistic students. The findings of data analysis, conditions and interactions between conditions show appropriate results.

Unduhan

Diterbitkan

2025-05-30