EKSPLORASI DAMPAK KEGIATAN SENI TARI BALET TERHADAP REGULASI EMOSI PADA ANAK USIA DINI
Kata Kunci:
Anak Usia Dini, Regulasi Emosi, Tari Balet, Pendidikan Seni, Pendidikan Anak Usia DiniAbstrak
Anak usia dini berada pada masa krusial dalam perkembangan emosional. Regulasi emosi merupakan kemampuan penting yang perlu dikembangkan sejak dini. Penelitian ini bertujuan mengeksplorasi dampak seni tari balet terhadap regulasi emosi anak usia dini. Pendekatan yang digunakan adalah kualitatif deskriptif, dengan teknik pengumpulan data berupa wawancara semi terstruktur dan observasi partisipatif. Subjek terdiri dari seorang guru balet dan anak usia 5 tahun yang mengikuti kelas di Sanggar S’Art Indonesia. Analisis dilakukan berdasarkan lima komponen regulasi emosi menurut Gross (1998). Hasil menunjukkan bahwa kegiatan balet mendukung pengembangan regulasi emosi anak melalui pendekatan guru yang hangat, suasana belajar yang menyenangkan, dan kurikulum terstruktur. Anak menunjukkan kemampuan menenangkan diri, menerima kesalahan, dan membina hubungan sosial. Seni tari balet terbukti menjadi media pembelajaran yang mendukung perkembangan emosional anak secara holistik.
Early childhood is a critical period for emotional development. Emotional regulation is an essential skill that should be nurtured early. This study aims to explore the impact of ballet dance activities on young children's emotional regulation. A descriptive qualitative approach was used, with data collected through semi-structured interviews and participatory observation. The subjects included a ballet teacher and a 5-year-old child attending classes at S’Art Indonesia Dance Studio. Data were analyzed using the five components of emotion regulation proposed by Gross (1998). The findings show that ballet activities support emotional regulation through warm teacher interactions, an enjoyable learning atmosphere, and a structured curriculum. The child demonstrated abilities such as calming themselves, accepting mistakes, and building social interactions. Ballet dance serves as an effective medium for promoting emotional development in early childhood.