PENGARUH KETERLIBATAN SISWA DALAM PROSES PEMBELAJARAN TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS 4 DI SD KATOLIK FRATER DON BOSCO TOMOHON

Penulis

  • Hadi Ignatius Untu Sekolah Tinggi Pastoral Don Bosco Tomohon
  • Maikel Billy Ausa Sekolah Tinggi Pastoral Don Bosco Tomohon
  • Margareta Aminiarti Sekolah Tinggi Pastoral Don Bosco Tomohon
  • Kristin Margaretha Umboh Sekolah Tinggi Pastoral Don Bosco Tomohon

Kata Kunci:

Keterlibatan Siswa, Hasil Belajar, SD Katolik Frater Don Bosco Tomohon

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh keterlibatan siswa dalam proses pembelajaran terhadap hasil belajar siswa kelas IV di SD Katolik Frater Don Bosco Tomohon. Keterlibatan siswa merupakan salah satu faktor penting yang dapat meningkatkan efektivitas pembelajaran, baik secara kognitif, afektif, maupun psikomotorik. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode deskriptif korelasional. Sampel penelitian berjumlah 25 siswa kelas IV yang dipilih secara purposive. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui angket keterlibatan siswa. Analisis data menggunakan regresi linear sederhana. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh positif dan signifikan antara keterlibatan siswa dalam proses pembelajaran terhadap hasil belajar mereka. Semakin tinggi keterlibatan siswa, semakin baik pula pencapaian hasil belajar yang diperoleh. Temuan ini menegaskan pentingnya strategi pembelajaran yang mendorong partisipasi aktif siswa dalam setiap tahap kegiatan belajar mengajar.

This study aims to determine the effect of student involvement in the learning process on the learning outcomes of fourth-grade students at Frater Don Bosco Catholic Elementary School, Tomohon. Student involvement is one of the important factors that can increase the effectiveness of learning, both cognitively, affectively, and psychomotorically. This study uses a quantitative approach with a descriptive correlational method. The research sample consisted of 25 fourth-grade students who were selected purposively. Data collection techniques were carried out through student involvement questionnaires. Data analysis used simple linear regression. The results showed that there was a positive and significant influence between student involvement in the learning process on their learning outcomes. The higher the student involvement, the better the learning outcomes obtained. This finding emphasizes the importance of learning strategies that encourage active student participation in every stage of teaching and learning activities.

Unduhan

Diterbitkan

2025-05-30