PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN COOPERATIVE LEARNING TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS V SDN 067890 MEDAN

Penulis

  • Nurmayani Universitas Negeri Medan
  • Maya Alemina Ketaren Universitas Negeri Medan
  • Juneda Universitas Negeri Medan
  • Dinda Saskia Universitas Negeri Medan
  • Devi Margaretha Universitas Negeri Medan
  • Citra Situmorang Universitas Negeri Medan

Kata Kunci:

Pembelajaran Kooperatif, Nilai Matematika, Anak SD, Model Kooperatif, Belajar Aktif

Abstrak

Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui apakah cara mengajar menggunakan model pembelajaran kooperatif bisa benar-benar membantu meningkatkan nilai Matematika anak-anak SD. Peneliti menggunakan satu kelas dari SDN 067890 Medan untuk diterapkan metode ini selama beberapa pertemuan. Sebelum dan sesudah mengunakan model kooperatif, anak-anak diberikan tes u mengukur hasil belajarnya.Dari hasil yang dikumpulkan, terlihat bahwa adanya peningkatan nilai setelah mereka belajar bersama-sama dalam kelompok. Siswa jadi lebih aktif, saling membantu, dan lebih paham terhadap materi. Hasil dari penelitian ini, cara belajar menggunakan pembelajaran kooperatif bukan hanya membuat anak-anak lebih mengerti, tetapi juga dapat membuat suasana kelas jadi lebih seru dan hidup. Model ini sangat bisa dipakai dalam proses pelajaran yang biasanya dianggap susah seperti Matematika.

This research was conducted to find out whether teaching using the cooperative learning model can truly help improve elementary school students’ Mathematics scores. The researcher applied this method to one class at SDN 067890 Medan over several sessions. Before and after implementing the cooperative model, students were given tests to measure their learning outcomes.The results showed an increase in scores after the students learned together in groups. The students became more active, helped each other, and understood the material better. The findings of this research suggest that learning through the cooperative model not only helps children grasp the material more effectively, but also makes the classroom atmosphere more engaging and lively. This model can be effectively applied to subjects that are often considered difficult, such as Mathematics.

Unduhan

Diterbitkan

2025-05-30