MENINGKATKAN KEMAMPUAN PENJUMLAHAN BAGI PESERTA DIDIK DISABILITAS INTELEKTUAL RINGAN MENGGUNAKAN APLIKASI MATH MASTER KIDS
Kata Kunci:
Disabilitas Intelektual, Penjumlahan, Dan Aplikasi Math Master KidsAbstrak
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menggunakan aplikasi Math Master Kids untuk meningkatkan kemampuan penjumlahan. Penelitian ini menggunakan desain penelitian subjek tunggal (SSR) dengan desain A-B dan metodologi eksperimental kuantitatif. Visual grafik yang mencakup analisis dalam kondisi dan antar kondisi digunakan untuk menganalisis data. Teknik dalam bentuk tes dan instrumen pengumpulan data dalam bentuk soal tes digunakan untuk mengumpulkan data. Temuan menunjukkan bahwa 40%, 30%, dan 30% merupakan hasil yang dicapai pada kondisi baseline (A). Sebaliknya, hasil yang dicapai pada kondisi intervensi (B) adalah 70%, 80%, 70%, 100%, 90%, 80%, 90%, 100%. Setelah analisis data, temuan penelitian menunjukkan bahwa siswa dengan disabilitas intelektual sedang dapat menjumlahkan hingga 10 dengan lebih mudah setelah menggunakan aplikasi Math Master Kids.
The purpose of this study is to use Math Master Kids application to improve addition skills. This study used a single subject research (SSR) design with A-B design and quantitative experimental methodology. Visual graphs that include analysis within conditions and between conditions were used to analyze the data. Techniques in the form of tests and data collection instruments in the form of test questions were used to collect data. The findings showed that 40%, 30%, and 30% were the results achieved in the baseline (A) condition. In contrast, the results achieved in the intervention condition (B) were 70%, 80%, 70%, 100%, 90%, 80%, 90%, 100%. After data analysis, the research findings show that students with moderate intellectual disabilities can add up to 10 more easily after using the Math Master Kids application.